Wisata Ngargoyoso Karanganyar Yang Wajib Dikunjungi, Tidak Kalah Dengan Tawangmangu Lho


wisata Ngargoyoso di Karanganyar
Telaga Madirda salah satu andalan wisata Ngargoyoso (via Jatengprov.go.id) 


Wisata Karangnyar tak hanya Tawangmangu. Selama ini jika menyebut tentang wisata di sekitar Solo maupun Kabupaten Karanganyar, biasanya hanya membicarakan wisata Tamangmangu. Padahal ada wisata Ngargoyoso yang lokasinya masih tetanggaan dengan Tawangmangu, disebelah utaranya, namun menyimpan wisata andalan yang tak kalah kerennya. 

Kawasan sekitar Kecamatan Ngargoyoso yang memiliki luas wilayah  65.34 km2 dan terdiri dari 7 kelurahan ini memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dibandingkan tetangganya tersebut. 

Dari pusat kota Karanganyar, Ngargoyoso hanya berjarak 21,5 km dan akses jalannya sudah beraspal mulus, bahkan kendaraan bus besar bisa melewatinya. Dengan lokasi Ngargoyoso yang berada diatas ketinggian rata-rata 772 mdpl, tak heran destinasi ini berhawa sejuk dengan panorama alam yang mempesona lantaran letaknya di kaki Gunung Lawu.

Potensi Wisata Ngargoyoso


Wisata di Ngargoyoso memang banyak mengandalkan keindahan alamnya. Namun ada juga potensi wisata sejarah dan budaya yang tak kalah menariknya. 

Bahkan dibandingkan Tawangmangu, ada tempat wisata di Ngargoyoso yang tidak dimiliki tetangganya itu, seperti wisata telaga, candi dan perkebunan teh. 

Dan letak geografi Ngargoyoso yang lebih "terbuka" memungkinkan pengunjungi lebih leluasa menikmati keindahan lereng Gunung Lawu bahkan dari jalan rayanya tanpa terhalang pepohonan, perbukitan dan bangunan tinggi rumah warga. View semacam ini yang tidak banyak diperoleh di wilayah Tawangmangu.

Soal penginapan, jangan ragu lagi, Ngargoyoso juga tersedia fasilitas baik hotel, vila maupun homestay yang sangat banyak. Lalu soal kuliner, Ngargoyoso memilih puluhan jujugan tempat makan yang instagramable dan memorable, serta aneka menu tradisional maupun kekinian yang tidak kalah dengan Tawangmangu! Dijamin!

Dengan semua potensi yang ada, tak heran kawasan Ngargoyoso kian menjadi kawasan wisata idola bagi masyarakat Karanganyar dan kota di sekitarnya. Pada hari Minggu dan libur, semua destinasi di Ngarogoyoso dipenuhi wisatawan dari berbagai kota. Apalagi harga tiket masuk wisatanya terjangkau untuk semua kalangan.
 
Berikut beberapa destinasi wisata favorit sekitar Ngargoyoso yang sangat rugi jika dilewatkan ketika kamu berwisata ke Karanganyar. 


Destinasi Wisata Di Ngargoyoso


Air Terjun Jumog

wisata air terjun Jumog di Ngargoyoso
Air terjun Jumog (via Salsawisata.com)


Jika Tawangmangu punya andalan air terjun Grojogan Sewu, di Ngargoyoso kamu bisa mencoba air terjun Jumog. Namun untuk mencapai lokasinya lebih mudah.

Di sini pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun Jumog yang bersumber dari Gunung Lawu sambil menikmati kuliner di pinggir aliran sungai dari gerojokan serta kolam renang. 

Air terjun ini terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh pepohonan hijau, menciptakan suasana yang teduh dan sejuk. Arus air di air terjun ini tidak terlalu deras atau kecil, sehingga aman bagi pengunjung, termasuk anak-anak, baik di musim hujan maupun kemarau.

Telaga Madirda

wisata Telaga Madirda di Ngargoyoso
Wisata Telaga Madirda (via Kompas.com)


Telaga Madirda adalah salah satu wisata andalan Ngargoyoso, berupa sebuah telaga yang memiliki panorama sekitar yang eksotis. Letaknya dekat dengan air terjun Jumog.


Candi Sukuh

Candi Sukuh di Ngargoyoso
Candi Sukuh (via Kompas.com)

Candi Sukuh adalah situs peninggalan masa lalu yang terletak di lereng barat Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang didirikan pada abad ke-15 Masehi. 

Keunikan dari Candi Sukuh Karanganyar terletak pada bentuknya yang berbeda dengan candi-candi lain seperti Prambanan atau Borobudur. Yakni tidak memiliki bangunan stupa candi. Sekilas, Candi Sukuh mirip dengan Piramida Suku Maya di Amerika Selatan. 

Keunikan ini menjadikan Candi Sukuh sebagai tempat yang populer untuk dikunjungi oleh para wisatawan, terutama untuk berfoto dengan latar belakang yang berbeda dari candi-candi lain di Indonesia.

Candi Cetho

info Candi Cetho Ngargoyoso
Candi Cetho (via Idntimes.com)


Candi Cetho merupakan sebuah candi hindu yang memiliki prasasti bertuliskan huruf Jawa Kuno yang ditemukan di dinding gapura. Lokasi Candi Cetho sebenarnya di Kecamatan Jenawi, namun akses jalannya akan melewati Kemuning, Ngargoyoso.

Komplek Candi Cetho memiliki 13 teras yang terus meninggi hingga ke puncak Gunung Lawu, dan pengunjung dapat melihat simbol-simbol mitologi dari arca yang terlihat dalam kondisi yang sangat baik. 

Meski lokasi Candi Cetho hanya seluas 190 meter kali 30 meter, namun karena berada di atas ketinggian 1496 mdpl, pengunjung harus menaiki anak tangga untuk menuju ke atas.

Paralayang Kemuning


Panorama 360 derajat diatas sebuah rooftop resto di bukit Paralayang Kemuning.

Bukit Paralayang Kemuning menjadi destinasi wajib dikunjungi saat berada di Ngargoyoso. Rugi banget kalau tidak menyempatkan kesini. Tidak salah tempat ini menjadi tujuan utama semua trip wisata jeep/VW di Ngargoyoso. 

Di tempat ini terdapat sebuah resto yang memiliki area rooftop, dimana dari sini pengunjung akan menikmati panorama sekitarnya secara leluasa. Kalau beruntung datang saat cuaca cerah, kamu akan menyaksikan keindahan lereng Gunung Lawu secara sempurna.

Sesuai namanya, ini adalah sebuah bukit di area perkebunan Kemuning yang menjadi lokasi olahraga paralayang. Kamu bisa menyaksikan para atlet dan pemula yang sedang belajar terbang dengan paralayang.  


Kebun Teh Kemuning

wisata kebun teh kemuning ngargoyoso
Perkebunan teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar (via Okezone.com)


Jalan-jalan menikmati panorama kebun teh Kemuning menjadi salah satu acara di Ngargoyoso, mengingat kawasan ini memang terkenal dengan kebun tehnya. Bahkan produknya sudah ekspor.

Sambil berkeliling areal perkebunan yang sangat luas (437 hektar), pengunjung bisa singgah atau sekedar berfoto di berbagai spot-spot foto atau wisata yang dilewati.

Aktivitas mengelilingi area perkebunan teh Kemuning ini lebih avdol dilakukan dengan menyewa jeep wisata. Di semua tempat wisata Ngargoyoso kamu dengan mudah menemukan tawaran paket wisata jeep Kemuning, mulai dari 350 ribu untuk kapasitas maksimal 4 orang.

Reunian di Ngargoyoso dengan sewa jeep/VW wisata.

Kamu bisa memilih antara kendaraan jeep lawas atau mobil jenis VW. Bagi yang berjiwa muda mungkin paket jeep lebih menantang karena menawarkan rute yang lebih berat dan penumpang lain harus berdiri di belakang, sedangkan jika naik mobil VW,  kamu bisa mendapatkan suasana retro klasik untuk dokumentasi dan bisa memilih membuka kaca depan mobil untuk mendapatkan sensasi semriwing saat berkendara.

Kemuning Sky Hills

jembatan kaca Kemuning Sky Hill Ngargoyoso
Jembatan kaca Kemuning Sky Hills 


Masih di area perkebunan teh Kemuning, ada wisata baru yang viral di awal 2023 lalu, yaitu Kemuning Sky Hills. Berupa sebuah spot wisata jembatan kaca sepanjang 34 meter dari total rencana panjang keseluruhan 130 meter, sehingga bakal menjadi jembatan kaca terpanjang di Jawa Tengah.

Wisata Kuliner Dan Minun Teh Kemuning

wisata teh kemuning di Ngargoyoso.
Sensasi ngeteh syantik sembari menikmati kuliner tradisional di resto estetik Bale Branti Ngargoyoso.

Jangan lupa ngeteh syantik ketika di Kemuning. Pasalnya, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, sejak dulu dikenal sebagai perkebunan teh dan penghasil teh tradisional premium yang sudah menembus pasar mancanegara.

Bisa dikatakan, semua restoran di Ngargoyoso menyediakan menu teh biasanya disajikan dalam teko/tea pot dan cangkir keramik, bukan teh biasa yang disajikan dalam gelas. Beberapa resto bahkan memiliki menu teh dalam banyak varian, seperti Ndoro Donker. 

Wisata River Tubing

river tubing di Ngargoyoso
Keseruan river tubing di Ngargoyoso (via Explorekemuning.com)


Ngargoyoso memiliki sejumlah spot wisata river tubing yang menarik. River tubing sendiri sejenis rekreasi air menyusuri aliran sungai menggunakan ban dalam mobil yang telah dimodifikasi.

Di Ngargoyoso terdapat sejumlah lokasi untuk river tubing, seperti Senatah Adventure di Girimulyo, Goasari River Tubing Puntukrejo, dan Kali Pucung Kemuning. 

Untuk menikmati wisata river tubing di Ngargoyoso kamu tinggal memilih paket yang disediakan pengelola, mulai paket pendek, sedang hingga durasi panjang. 

Untuk rute pendek harga paketnya hanya sekitar 20 ribu per orang untuk susur sungai sejauh kurang lebih 800 meter dengan waktu sekitar 10 menit, sudah termasuk fasilitas foto dan video sebagai kenangan.

Objek Wisata Lain Ngargoyoso


Selain objek wisata Ngargoyoso yang sudah disebutkan, masih terdapat sederet lagi jujugan wisata lain seperti Segoro Gunung untuk bercamping, Lembah Sumilir dengan rumah hobbit dari bambu, Tahura Karanganyar sebuah wisata taman hutan alam, Agrowisata Kampung Karet, air terjun Parang Ijo, Taman Bintang dan lain-lain.

Itulah daftar lokasi wisata di Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar yang wajib dikunjungi, karena keindahannya tidak kalah dengan tetangganya Tawangmangu. Untuk menemukan lokasi wisata tersebut cukup mudah, tinggal mengetikkan nama lokasinya di Google maps. 

Rute Menuju Wisata di Ngargoyoso


Kecamatan Ngargoyoso terletak di sebelah timur pusat Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jaraknya hanya sekitar 17,5 km dari Alun-alun Karanganyar dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk mencapai kecamatan ini dari Alun-alun Karanganyar, ikuti saja jalan utama ke arah timur yang juga merupakan rute menuju Tawangmangu. Ketika sampai di Perlimaan Bejen, belokkan sedikit ke kanan menuju Tawangmangu dan terus ikuti jalan hingga mencapai Kecamatan Karangpandan. 

Setelah melewati Pasar Karangpandan, lanjutkan perjalanan ke arah timur dan nanti akan bertemu pertigaan, tinggal belok ke kiri. Jika lurus maka akan menuju ke arah Tawangmangu.

Hanya dalam beberapa waktu, akan sampai di Kecamatan Ngargoyoso yang sudah dilengkapi dengan beberapa plang petunjuk jalan menuju tempat wisata yang menarik.

Berikut sejumlah peta wisata di Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar sebagai panduan rute menuju lokasinya.



Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top