Perbedaan Wisata Jatim Park 1, 2 dan 3 Agar Tak Salah Pilih

kenali perbedaan jatim park 1, 2 dan 3

Kota Batu menjadi tujuan wisata favorit wisatawan di Jawa Timur khususnya. Hal ini tak lepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki kota Batu sebagai daerah yang berhawa sejuk dan memiliki banyak destinasi wisata menarik.

Diantara sekian banyak destinasi di kota Batu, Jatim Park menjadi salah satu tujuan wajib wisatawan yang datang ke kota yang dikenal dengan ikon buah apel ini.

Jatim Park banyak jadi pilihan rekreasi keluarga karena merupakan destinasi wisata edukasi yang didukung banyak wahana hiburan dan permainan yang menarik dan cocok untuk semua kalangan. 

Wisata Jatim Park Batu


Jatim Park merupakan sebuah taman hiburan yang terdiri dari beberapa wahana rekreasi dan wisata edukasi yang terdapat di kota Batu. 

Taman wisata ini terdiri dari beberapa area yang menawarkan berbagai macam aktivitas, seperti wahana permainan, wisata alam, wisata edukasi dan lain-lain.

Objek wisata Jatim Park di Batu terdiri dari 3 kelompok, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3. Ketiganya berada dibawah naungan perusahaan Jatim Park Group. 

Perbedaan Jatim Park

Setiap wisata Jatim Park tersebut memiliki konsep dan tema yang berbeda-beda, dan memiliki wahana dan harga tiket masuk, maupun lokasi yang berbeda meski masih dalam lingkup kota Batu.

Banyak wisatawan yang berencana mengunjungi Jatim Park bingung ketika harus menentukan pilihan antara berkunjung ke Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3. 

Kebingungan ini wajar mengingat ketiganya memiliki wahana yang menarik dengan kelebihan masing-masing. Sementara wisatawan biasanya memiliki waktu terbatas untuk mengeksplor seluruh wisata di kota Batu. 

Untuk membantu Anda memilih wisata Jatim Park mana yang ingin lebih dulu dikunjungi, maka perlu memahami  perbedaan Jatim Park 1, 2, dan 3 secara lebih rinci seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Perbedaan Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3

Berikut perbedaan wisata Jatim Park 1, 2 dan 3 berdasarkan jenis wahana, tiket masuk dan jam operasional masing-masing.

WISATA JATIM PARK 1

Secara umum, Jatim Park 1 menekankan pada wisata edukasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyediakan puluhan wahana permainan untuk anak-anak maupun orang dewasa.   

Jatim Park 1, sebagai wisata rekreasi generasi pertama yang dikelola oleh Jawa Timur Park Group, berhasil meraih penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2013 dengan kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional. 

Ini menempatkan Jatim Park setara dengan wisata nasional terkenal lainnya seperti Ancol dan lain-lain.

Menurut situs Jawa Timur Park Group, Jatim Park 1 menyajikan berbagai wahana edukasi seperti Rumah Adat Madura, Taman Sejarah, Indonesia Heritage Museum, Science Center, dan Galeri Etnik.

Di Jatim Park 1, pengunjung akan diperkenalkan dengan berbagai ilmu pengetahuan melalui wahana yang menyuguhkan diorama fisika dan biologi, museum pengetahuan, dan taman edukasi sejarah, mitologi, dan budaya.

Sejumlah wahana di Jatim Park 1 yang dapat dimanfaatkan untuk mempelajari segala hal tentang budaya, seperti Galeri Etnik Nusantara, Etnik Papua, Etnik Jawa Timuran, Diorama Momentum Sejarah Indonesia, Keraton Nusantara, dan Galeri Pos Indonesia. 

Pengunjung juga bisa mengunjungi taman tematik seperti Taman Buah dan Sayur, serta Taman Sejarah, dimana kita bisa menemukan sejumlah miniatur candi dan stupa, serta adegan prasejarah. 


Wahana Permainan Jatim Park 1

Jatim Park 1 menyediakan banyak wahana seru untuk anak-anak hingga orang dewasa, terdapat lebih dari 50 wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Untuk anak-anak ada beberapa  wahana yang bisa dicoba, yaitu Mini Train, Happy Boat, Convoy Car, Ulat Coaster, dan Froggy.

Sedangkan untuk orang dewasa, terdapat berbagai wahana yang menguji adrenalin. Seperti Pendulum, Gold Mini Coaster, Flying Tornado, Enterprise Ride, Funtastic Swimming Pool, Volcano Coaster, Science Coaster Park dan Gyroscope 

Selain wahana ekstrem, Jatim Park juga menyediakan wahana yang lebih santai namun tetap menyenangkan seperti Gokart, Galaxy Bumper Car, dan Bioskop 3D. 

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Jatim Park 1 

Jatim Park 1 berlokasi di Jalan Kartika No 2, Desa Sisir, Kota Batu. Lokasinya sama dengan Museum Tubuh.

Tiket masuk di Jatim Park 1 dikemas dalam bentuk paket untuk 2 buah wahana sekaligus. Yaitu pengunjung bisa membeli tiket Jatim Park 1 dan Museum Tubuh, atau Jatim Park 1 dan Museum Angkut.

Tidak ada tiket terusan untuk wisata Jatim Park 1, Museum Tubuh dan Museum Angkut karena hampir tidak mungkin cukup waktu untuk mengelilingi ketiganya dalam sehari.

Tiket masuk Jatim Park 1 tersebut sudah meliputi wahana permainan, kecuali untuk wahana tertentu seperti gokart, trampolin, flying fox, games room dan peralatan renang.

Berikut rincian harga tiket masuk Jatim Park 1

Hari biasa/weekdays (hari biasa) 

- Tiket paket 1 (Jatim Park 1 dan Museum Tubuh): Rp 100.000 
- Tiket paket 2 (Jatim Park 1 dan Museum Angkut): Rp 140.000 

Akhir pekan/weekend 

- Tiket paket 1 (Jatim Park 1 dan Museum Tubuh): Rp 120.000 
- Tiket paket 2 (Jatim Park 1 dan Museum Angkut): Rp 160.000 

Jam Operasional Jatim Park 1

Untuk Jam operasional wisata Jatim Park 1 memang buka dan tutup lebih awal dibandingkan Jatim Park 2 dan 3, yaitu buka mulai pukul 08.30-16.30 WIB. 

WISATA JATIM PARK 2


Jatim Park 2 lebih menekanan pada wisata edukasi tentang pengetahuan seputar dunia satwa/binatang dan lingkungan hidup kepada masyarakat disamping terdapat sejumlah wahana hiburan yang menarik. Sering juga disebut sebagai kebun binatang interaktif.

Jatim Park 2 terbagi menjadi tiga area, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green park.

Di dalam area seluas 14 hektar di Jatim Park 2, pengunjung bisa mengelilingi destinasi untuk melihat berbagai satwa berbagai habitat secara lebih dekat, seperti satwa dari di hutan tropis Asia, gurun Afrika, hingga dasar Samudera Pasifik. 

Di Museum Satwa, pengunjung dapat melihat sekitar 10.000 serangga dan 1.000 spesies satwa liar. 

Lalu masih ada berbagai spesies burung yang dapat dilihat di Eco Green Park. Ada pula zona Farm Land, Plaza Musik, Taman Biogas, dan Jungle Adventure.

Selain itu juga terdapat wahana hiburan di Jatim Park 2 yang berkonsep flora dan fauna, seperti Baby Zoo, Waterpark, Savannah, Tiger Land, dan lainnya. 

Jatim Park 2 juga memiliki penginapan Pohon Inn Hotel yang berkonsep sebuah pohon raksasa.

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Jatim Operasional Jatim Park 2

 
Lokasi Jatim Park 2 berada di Jalan Raya Raya Oro-Oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314.

Berikut rincian harga tiket masuk Jatim Park 2

Hari biasa/weekdays (hari biasa) 

- Jatim Park 2 Rp 140.000 (sudah termasuk tiket masuk Eco Green Park, Secret Zoo dan Museum Satwa)

- Eco Green Park Rp 55.000

Akhir Pekan/weekdays 

- Jatim Park 2 Rp 160.000 (termasuk tiket masuk Eco Green Park, Secret Zoo dan Museum Satwa)

- Eco Green Park Rp 75.000

Untuk Jam operasional wisata Jatim Park 2 buka mulai pukul 10.00 – 18.00 wib

WISATA JATIM PARK 3

Berbeda dengan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, destinasi Jatim Park 3 mengusung konsep dino park dengan tema global yang memadukan edukasi tentang masa lalu dan masa kini.

Hewan purba dinosaurus menjadi ikon Jatim Park 3, sekaligus konsep utama yang tampak jelas sejak dari gerbang masuk yang megah di taman rekreasi ini.

Wahana yang tersedia di Jatim Park 3 cocok bagi mereka yang menyukai destinasi dengan banyak spot foto yang terbagi dalam beberapa zona dengan konsep dan tema berbeda.

Disini pengunjung disuguhi aneka wahana hiburan beragam tema, seperti :

- Dino Park, disini pengunjung dapat belajar berbagai hal tentang dinosaurus dan satwa pra-sejarah di Dino Park,

- The Legend Star, berisi spot foto ratusan patung lilin dari tokoh dan artis dunia, replika ikon berbagai negara, serta terdapat taman lampu yang luas.

- Museum Musik Dunia, menampilkan koleksi alat-alat musik dunia.

- Funtech Plaza, berupa wahana berbasis teknologi dan olahraga yang edukatif seperti the boxer, cycle movie.

- Millenial Glow Garden, menyuguhkan wahana sejuta lampu yang menggabungkan teknologi dan seni untuk memanjakan para pengunjung dengan keindahannya.

-Predator Fun Park, wahana bertema reptil dengn pameran dan pertunjukan edukatif, disini pengunjung bisa mencoba aneka wahana outbound, kolam renang dengan seluncur air.

- House of Zombie, wahana rumah hantu yang menguji nyali pengunjung.

Lokasi, Tiket Masuk Dan Jam Operasional Jatim Park 3


Lokasi wisata Jatim Park 3 berada di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Jawa Timur. 

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Jatim Park 3 dibedakan berdasarkan hari kunjungan dan taman bermain tematik yang ingin dikunjungi. 

- The Legend Star: Rp 80.000 (weekday)/Rp 100.000 (weekend)

- Funtech Plaza: Rp 30.000 (weekday)/Rp 50.000 (weekend)

- Museum Musik Dunia: Rp 30.000 (weekday)/Rp 50.000 (weekend)

- Milenial Glow Garden: Rp 80.000 (weekday)/Rp 100.000 (weekend)

- Dino Park+The Legend Star: Rp 140.000 (weekday)/Rp 160.000 (weekend)

- Dino Park+Milenial Glow Garden: Rp 140.000 (weekday)/Rp 160.000 (weekend)

- The Legend Star+Milenial Glow Garden: Rp 130.000 (weekday)/Rp 150.000 (weekend)

- Milenial Glow Garden+Funtech Plaza+Museum Musik Dunia: Rp 120.000 (weekday)/Rp 140.000 (weekend)

- Dino Park+Funtech Plaza+Museum Musik Dunia+Circus Magic: Rp 140.000 (weekday)/Rp 160.000 (weekend)

- Dino Park+Predator Fun Park: Rp 125.000 (weekday)/Rp 155.000 (weekend)

Tarif tersebut berlaku hingga akhir tahun 2022, sehingga ada kemungkinan berubah untuk tahun-tahun selanjutnya. 

Jam operasional wisata ini dibuka mulai pukul 11.00-21.00 WIB.

Itulah infomasi tentang perbedaan konsep wisata Jatim Park 1, 2 dan 3 di kota Batu yang perlu diketahui agar tidak salah pilih tempat rekreasi yang ingin dikunjungi. 

Bila disimpulkan perbedaan ketiga tempat wisata tersebut adalah, Jatim Park 1 lebih menekankan aspek edukasi ilmu pengetahuan secara umum dengan aneka permainan, Jatim Park 2 menekankan wisata edukasi satwa dan flora-fauna, sedangkan Jatim Park 3 lebih menekankan aspek edukasi dan permainan dengan tema dino park.

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top