Wisata Kemuning Sky Hills Karanganyar, Jembatan Kaca Terpanjang Di Jawa Tengah

Pesona wisata Kemuning Sky Hills Karanganyar


Wisata Karangnyar terbaru 2023 adalah Kemuning Sky Hills. Di awal tahun 2023 wisata jembatan kaca Kemuning Sky Hills mulai dibuka untuk umum dan mendapatkan sambutan yang luar biasa. Wisata ini letaknya di Kemuning, sebuah desa yang berada di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karangnyar. Desa ini sejak lama memang telah dikenal sebagai destinasi wisata kebun teh.

Terdapat suatu lokasi wisata baru yang tengah populer di area Kebun Teh Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi tersebut adalah Kemuning Sky Hills yang menawarkan pengunjung pengalaman berjalan di atas jembatan kaca. 

Lokasi wisata jembatan kaca ini resmi dibuka untuk umum pada awal tahun 2023, tepatnya pada Minggu, 1 Januari 2023. Namun, meskipun sudah dibuka untuk umum, Kemuning Sky Hills masih dalam tahap pembangunan berkelanjutan.


Kemuning Sky Hills yang berada di tengah-tengah kebun teh menawarkan pemandangan alam yang indah di kawasan pegunungan. 

Selain kebun teh yang luas, kawasan ini juga menawarkan keindahan pegunungan dan udara yang sejuk, menjadi favorit bagi mereka yang ingin melepas penat. Kemuning Sky Hills merupakan tambahan terbaru di kawasan ini.

Bersama tetangganya Tawangmangu, kawasan Kebun Teh Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sudah menjadi destinasi wisata yang diminati oleh masyarakat. 
Adanya Kemuning Sky Hills ini juga merupakan bagian dari pengembangan pariwisata di Karanganyar utara.

Kemuning Sky Hills Jembatan Kaca Terpanjang Di Jawa Tengah


Kemuning sky Hills
Wisata Kemuning Sky Hills dengan ikon jembatan kaca terpanjang di Jawa Tengah.
(via Instagram @kemuningskyhills)

Konsep wisata dengan andalan wahana jembatan kaca tampaknya sedang menjadi tren di Indonesia, termasuk Kemuning Sky Hill di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karangnyar ini.

Daya Tarik utama Kemuning Sky Hill adalah jembatan kaca yang sangat panjang membentang diantara landskap alam perkebunan teh dan latarbelakang gunung Lawu di kejauhan. 

Total panjang jembatan kaca Kemuning Sky Hill direncanakan mencapai 130 meter dan ketinggian bervariasi antara 12 sampai 30 meter. Dengan ukuran sepanjang itu, jembatan kaca tersebut digadang-gadang bakal menjadi jujugan wisata jembatan kaca terpanjang di Jawa Tengah.


Meski jembatan ini berlandaskan kaca, namun soal keamanan wisata tersebut sudah melalui tahap peninjuan bersama dengan ahli. Jembatan ini memiliki konstruksi beton yang sangat kuat, dengan dinding dan lantai dari kaca. Konstruksinya membutuhkan 19 lembar kaca dengan ukuran 3x3 meter, dimana setiap lembar kaca mampu menahan beban 77.6 KG.

Pembangunan Kemuning Sky Hills dilakukan berkat kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar, PT Rumpun Sari Kemuning, dan Lawu Group. 

Namun pengelolaan Kemuning Sky Hills dilakukan oleh Lawu Group, perusahaan yang juga memiliki beberapa lokasi wisata di Tawangmangu, seperti Lawu Park, Tawangmangu Wonder Park, Sate Lawu, dan Sakura Hills.

Pengunjung dapat menikmati sensasi berjalan di atas jembatan kaca ini dan mengambil foto, dengan syarat harus melepas alas kaki dan jumlah maksimum pengunjung dalam jembatan adalah 15 orang.

Pengunjung juga diharapkan tidak memiliki fobia ketinggian karena jembatan kaca ini transparan.


kemuning sky hills jadi jembatan kaca terpanjang di Jawa Tengah
Jembatan kaca Kemuning Sky Hills sepanjang 300 meter. (via Instagram @kabupatenkaranganyar)


Selain menikmati sensasi jembatan kaca, wisatawan juga dapat menikmati panorama alam pegunungan dan kebun teh sekitar yang sangat indah. 

Dari Kemuning Sky Hills, wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan dari lereng Gunung Lawu dan hamparan kebun teh yang luas. Pemandangan Kota Solo juga terlihat dari sisi barat. Saat cuaca cerah, Gunung Lawu akan terlihat menjulang tinggi dan wisatawan juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam di sisi barat.

Wahana Di Kemuning Sky Hills


Kemuning Sky Hills dengan bukit Teletubisnya (Instagram @ratna_nursabrina)

Kemuning Sky Hills memiliki keunikan dengan adanya Sky Bridge atau jembatan kaca terpanjang se Jawa Tengah, namun tetap menjadikan wisata kebun teh sebagai menu utama. Bagi pecinta alam, Kemuning Sky Hills adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi, terlebih lagi dengan udara sejuk di sekitarnya yang sedang populer saat ini.


Sky Bridge kini menjadi salah satu ikon wisata di tempat ini, di mana pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang perkebunan teh yang menyejukkan. Desa Kemuning di Karanganyar memang terkenal dengan kebun tehnya yang menawan setiap mata yang melihat.

Tidak hanya jembatan kaca, Kemuning Sky Hills juga menawarkan berbagai wahana seru lainnya, seperti bukit teletubis, paralayang, Flying fox gantole, outbond, hingga giant swing. Menjelajahi wilayah perkebunan teh Kemuning dengan jeep dan ATV juga menjadi pengalaman yang berkesan.

naik VW keliling perkebunan teh Kemuning Karanganyar.
Selain jeep, menjelajahi perkebunan teh Kemuning juga bisa dilakukan dengan menyewa
VW terbuka dengan tarif sesuai
 rute yang dipilih.

Selain itu, tidak lengkap jika berkunjung ke Kemuning Sky Hills tanpa mencoba makanan di cafe & resto yang tersedia, tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati hidangan.

Selain wahana yang seru, Kemuning Sky Hills juga memiliki fasilitas pendukung lainnya, seperti area parkir kendaraan, toilet, mushola, spot foto, dan fasilitas pendukung lainnya.


Tiket Masuk dan Jam Operasional Kemuning Sky Hills 


HTM wisata Kemuning Sky Hills 20 ribu
Untuk menikmati fasilitas jembatan kaca Kemuning Sky Hills, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 20.000/orang. (Instagram @surakartahits_) 


Diawal pembukaan jembatan kaca Kemuning Sky Hills pihak pengelola memang menawarkan tiket promo, namun saat ini sudah berlaku tiket normal.

Tiket masuk wisata Kemuning Skyl Hills cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 20.000 per orang.

Harga tiket tersebut sangat terjangkau bagi masyarakat untuk menikmati keindahan alam dan melakukan aktivitas seperti berfoto di jembatan kaca.. 

Harga tiket 20 ribu itu khusus bagi pengunjung yang ingin masuk ke jembatan kaca. Sedangkan bagi yang hanya ingin memasuki kawasan wisata Kemuning Sky Hills, cukup membayar Rp10.000. 

Jam Buka

Jika ingin mengunjungi Kemuning Sky Hills, saat ini waktu operasionalnya dimulai dari pagi hingga sore hari. 

Setiap hari pengunjung bisa menikmati wisata Kemuning Sky Hills mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Jam buka tersebut berlaku untuk hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur.

Lokasi Dan Rute Menuju Kemuning Sky Hills 

Lokasi wisata jembatan kaca Kemuning Sky Hills berada di Dusun Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak dari pusat Kabupaten Karanganyar sekitar 25,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Untuk mencapai Kemuning Sky Hills dari pusat Kabupaten Karanganyar, kamu dapat mengikuti rute jalan utama menuju Tawangmangu via Karangpandan. Setelah melewati Terminal Karangpandan, kamu akan menemukan pertigaan di sebelah kiri jalan. 

Belok kiri di pertigaan tersebut meninggalkan jalan utama menuju Tawangmangu dan masuk ke jalan utama menuju Kecamatan Ngargoyoso dan Kemuning.

Lanjutkan mengikuti jalan utama sampai kawasan kebun teh. Setelah melewati jalan menanjak di kawasan kebun teh, kamu akan menemukan pertigaan di sebelah kiri jalan menuju wisata Bukit Teletubbies dan Kemuning Sky Hills. 

Belok kiri di pertigaan tersebut dan kamu akan menemukan loket masuk. Setelah membayar tiket masuk, lanjutkan perjalanan menyusuri jalan utama. Kemuning Sky Hills akan terlihat di sebelah kiri jalan.


Pengunjung yang menggunakan sepeda motor dapat memarkirkan kendaraannya di depan Kemuning Sky Hills, sedangkan untuk mobil, wajib diparkir di area parkir dekat loket masuk.

Lebih mudahnya kamu bisa menuliskan "Kemuning Sky Hills" di Google maps untuk memandu mencapai lokasi. Berikut peta lokasi Wisata jembatan kaca Kemuning Sky Hills Karanganyar, untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut dengan mudah.


Itulah pesona wisata jembatan kaca Kemuning Sky Hills terpanjang di Jateng yang telah menjadi ikon baru wisata yang populer di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

Dengan lokasi yang strategis dan panorama alam yang indah, objek wisata Kemuning Sky Hills dengan ikon jembatan kacanya wajib masuk dalam daftar kunjungan ketika kamu berwisata ke Tawangmangu dan khususnya di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.


Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top