Info Lengkap Florawisata D'Castello Ciater : Wahana, Tiket Masuk, Jam Buka, dan Rute

Florawisata D'Castello Ciater Subang
Florawisata D'Castello Ciater (via Instagram @florawisata_dcastello)

Wisata taman bunga atau dikenal sebagai flora wisata semakin berkembang di Indonesia, salah satunya Florawisata D'Castello di Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Saat mendengar nama kawasan Ciater di Subang, pastinya kita akan teringat dengan Pemandian Air Panas Sari Ater atau yang lebih populer dengan nama Pemandian Air Panas Ciater. 

Tidak jauh dari sana, terdapat tempat wisata taman bunga Florawisata D'Castello yang hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari Pemandian Air Panas Ciater, dengan waktu tempuh delapan menit saja. Lokasinya masih berada di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu.

Bagi mereka yang mencari tempat wisata keluarga yang menarik dan instagenic di daerah Ciater, Subang, Jawa Barat, Florawisata D'Castello bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat ini menawarkan banyak spot foto keren, seperti kastel warna-warni dan taman bunga yang indah. 

Florawisata D'Castello yang mulai dibuka pada Desember 2021 pernah menjadi viral karena memiliki kastel besar dengan warna yang mencolok, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berburu foto yang instagramable. Ditambah lagi pemiliknya seorang publik figur ternama yaitu Dewi Persik.

Nama D'Castello sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti kastel, sehingga tempat wisata ini selain memiliki banyak tanaman juga dilengkapi dengan bangunan kastel yang menjadi ikonik.

Florawisata D'Castello di Ciater Subang memiliki luas 10 hektare yang dikelilingi oleh kebun teh dan ditanami beragam jenis bunga, termasuk bunga castillo dari California, Amerika Serikat. 

Pengunjung dapat menikmati pemandangan kebun teh yang hijau dan udara segar di kaki Gunung Tangkuban Perahu di tempat ini. Keindahan ini dilengkapi dengan warna-warni bunga dan tanaman yang disusun dengan rapi di setiap sudut Florawisata D'Castello.

Tempat wisata ini ramah keluarga dan dapat dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. 

kastel di D'Castello jadi daya tarik
Bangunan kastil menjadi daya tarik D'Castello (via Instagram @rivaldi_penzol)

Keunikan dari Florawisata D'Castello adalah adanya bangunan kastel megah yang menjadi spot favorit untuk berfoto para pengunjung. 

Kastel ini memadukan arsitektur Turki dan Belanda, dan berdiri megah di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Bangunan kastel dihiasi dengan sejumlah menara dengan kombinasi warna merah, biru, dan kuning, serta kolam air mancur yang dikelilingi oleh bunga beragam warna.

Selain kastel, tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot foto Instagramable lainnya, seperti patung Micky Mouse ukuran besar, terasering yang ditumbuhi bunga berwarna-warni, dan bangunan berbentuk sangkar. 

Salah satu ikon yang paling populer di tempat ini adalah jembatan tangan yang panjangnya sekitar 100 meter dan menjadi spot foto yang sangat diminati oleh pengunjung. 

Spot Foto D'Castello Ciater

spot foto di D'Castello Ciater
spot foto di D'Castello

Jika Anda menyukai fotografi, D'Castello Ciater menawarkan beberapa spot menarik dengan konsep yang berbeda-beda. Anda dapat dengan bebas berfoto di spot manapun yang diinginkan. Berikut adalah daftar spot foto di D'Castello yang terbagi menjadi beberapa kawasan:

1. Kawasan Terbuka/Open Space

Kawasan ini memiliki tiga spot andalan:

Spot King Castle: tempat ini merupakan salah satu dari dua kastil yang ada di D'Castello dan juga merupakan ikon D'Castello. Kastil ini adalah tempat untuk membeli tiket dan gerbang masuk ke D'Castello.

Spot Air Mancur: setelah melewati King Castle, Anda akan menemukan air mancur yang dikelilingi oleh taman bunga yang cantik. Di spot ini Anda dapat mengambil gambar dengan latar King Castle.

Spot Castie Mouse: spot foto ini berbentuk seperti kartun Mickey Mouse dalam versi raksasa yang terbuat dari rumput sintetis.

2. Taman Restoran

Kawasan ini adalah tempat makan dengan konsep taman yang indah.

Spot Vertikal Garden: adalah spot foto berupa tanaman berjajar dengan posisi vertikal.

Foodcourt: merupakan sebuah kantin yang didesain dengan hiasan pernak-pernik yang menarik, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan sekaligus berfoto di sana.

Spot Rooftop: tempat ini merupakan spot favorit pengunjung, karena dari sini pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia di foodcourt.

Spot Rainbow Wisteria: merupakan spot foto berupa tanaman sintetis warna-warni.

3. Aurora Dome

Aurora Dome adalah kawasan spot foto yang berbentuk rangka kubah dengan hiasan tanaman di sekelilingnya.

4. Hand Bridge

hand bridge D'Castello
Hand bridge D'Castello

Kawasan ini adalah jembatan sepanjang 50 meter yang terinspirasi dari Jembatan Emas di Vietnam.

5. Terracing atau Terasering

Terracing adalah spot foto yang berada di area bawah Queen Castle. Spot foto di kawasan Terracing ini penuh dengan warna, alias warna-warni. Di antaranya adalah Dragon Hills, Pyramid of Paradise, Fun Tent, Colorful Box, Curved Iron, dan The Circle Row.

6. Pusat Oleh-Oleh

Selain menjual produk untuk dibawa pulang, di kawasan ini terdapat spot foto bernama Little Soul. Spot ini memiliki bangunan dengan latar Korea, pengunjung dapat berfoto sekaligus menyewa pakaian adat khas Jepang, Korea dan Belanda.

Wahana D'Castello Ciater

wahana di D'Castello
Aneka wahana permainan di D'Castello 

D'Castello Ciater sebagai kawasan wisata menawarkan berbagai kegiatan yang menarik selain hanya berfoto. Ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa dicoba, mulai dari mencicipi kuliner khas hingga mencoba berbagai wahana permainan yang menyenangkan.

Berikut adalah daftar wahana beserta harga tiketnya untuk Anda yang ingin mencoba:

- Trampolin Rp20 ribu
- Playground Rp20 ribu
- Mobil Buggy Rp20 ribu
- Kereta mini Rp25 ribu
- Kursi Pijat Rp10 ribu
- Mii Zoo Rp20 ribu
- Berkuda Rp25 ribu
- Video 360 derajat Rp25 ribu
- Jasa Foto Rp35 ribu
- Ontang-anting Rp25 ribu
- Komedi Putar Rp25 ribu
- Virtual Reality Rp25 ribu
- Istana Balon Rp20 ribu
- Sewa hanbok Rp 40 ribu

Harga Tiket Flora Wisata D'Castello Ciater


Menikmati pemandangan yang indah serta berfoto di berbagai spot menarik di D'Castello Ciater pengunjung dikenakan tiket masuk yang cukup terjangkau sesuai hari kunjungan, yaitu : 

- Weekdays (Senin-Jumat) Rp 30.000/orang
- Weekend (Sabtu-Minggu) dan hari libur nasional Rp 40.000/orang

Selain itu anak dengan tinggi badan 90 CM sudah dikenakan tiket masuk.

Untuk tarif parkir motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000, Prona Rp 20.000, bus kecil Rp 30.000, bus sedang Rp 40.000, bus besar Rp 50.000.

Ketentuan tarif tersebut berlaku pada 2023 dan mungkin akan perubahan di waktu-waktu sesudahnya.

Dengan tiket sebesar itu pengunjung pun tidak dipungut tarif lainnya ketika mendatangi di 100 lebih spot foto di Florawisata D'Castello. Namun untuk wahana permainan dikenakan tarif tersendiri, termasuk sewa pakaian.

Fasilitas D’Castello Ciater


Beberapa fasilitas umum yang tersedia untuk pengunjung D’Castello antara lain berupa lokasi parkir yang luas, toilet, mushola, gazebo, spot foto, taman air mancur, juga food court dengan menu beragam.

Jam Buka Flora Wisata D'Castello Ciater

Florawisata D’ Castello dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB untuk hari biasa. Sementara pada akhir pekan buka hingga pukul 18.00 WIB. Wisatawan juga bisa datang ke tempat wisata ini kapan saja, karena dibuka setiap hari.

Lokasi Dan Rute Menuju Florawisata D'Castello Subang


Florawisata D'Castello adalah taman flora yang terletak di Jl. Palasari Dua-Babakan Gn. No.16, Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari kawasan Tangkuban Perahu dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 30 menit. 

Jika berangkat dari pusat Kota Subang, perjalanan membutuhkan waktu setidaknya 50 menit. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini sangat strategis karena terletak di jalan provinsi yang menghubungkan Subang-Bandung.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota bisa menggunakan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan keluar melalui Gerbang Tol Subang. 

Setelah itu, dari Gerbang Tol Subang, perjalanan dilanjutkan selama kurang lebih 30-50 menit dengan menempuh jarak 30 km untuk mencapai Florawisata D'Castello. 

Dari Gerbang Tol Subang, arah perjalanan menuju Kota Subang dengan mengambil arah menuju Bandung. 

Setelah sampai di Alun-alun Kota Subang, belok kanan menuju Jalan Letnan Jenderal (Letjen) S. Parman, lalu belok kiri ke Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Raya Tanjungwangi, Jalan Raya Cijambe, Jalan Raya Simpang, Jalan Raya Tambakan, dan akhirnya Jalan Rayak Cagak. 

Sebelum mencapai perempatan daerah Pemandian Air Panas Ciater, lokasi Florawisata D'Castello sudah dapat ditemukan di pinggir jalan raya.

Berikut peta lokasi Wisata D'Castello Ciater, untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut dengan mudah.


Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top