Menara Langit Merapi Ketep Pass - Magelang : View 360 Derajat Dan Panorama 7 Gunung

Wahana Menara Langit Merapi Ketep Pass Magelang

Wisata Menara Langit Merapi Ketep Pass
- Ditengah geliat pengembangan wisata di tanah air pasca pandemi, Magelang seakan tak mau ketinggalan. Kabupaten Magelang yang terletak di kaki Gunung Tidar ini tak mau kalah langkah dengan daerah lain dalam mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata baru. Yang terbaru di tahun 2023, ada sebuah wahana baru bernama Menara Langit di wisata Ketep Pass yang menawarkan keindahan panorama Gunung Merapi. 

Wahana Menara Langit Merapi - Ketep Pass


Wahana Menara Langit Merapi Ketep Pass (IG @keteppassmagelang)

Objek wisata Ketep Pass yang terletak di dataran tinggi Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, selama ini telah menjadi destinasi wisata unggulan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang. 

Mulai tahun 2023, Ketep Pass dilengkapi dengan wahana baru yang keren. Wahana tersebut bernama Menara Langit Merapi, sebuah menara pandang atau observasi setinggi kurang lebih 18 meter yang menjulang ke langit.




Wahana Menara Langit Ketep Pass ini secara resmi dibuka untuk umum sejak 10 Maret 2023. Dengan menara observasi baru ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan 7 gunung sekaligus keindahan alam pegunungan di kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Tentang Menara Langit Merapi - Ketep Pass

Menara pandang 3 lantai 360 derajat menjadi ikon Menara Pandang Ketep Pass
(IG tangkapan layar @badrikaaa)

Menara Langit Merapi merupakan menara pandang yang setinggi 18 meter dengan latar belakang pemandangan 7 gunung sekaligus.

Menara ini memiliki ketinggian sekitar 18 meter dan terletak di ketinggian 1.500 Mdpl. Menara Langit Merapi ini memiliki tiga tingkat dengan bagian atas berbentuk lingkaran. 

Dari menara pandang tiga lantai tersebut, wisatawan bisa melihat pemandangan 360 derajat, hal ini bisa mengingatkan kita dengan Bromo Hillside yang juga memiliki panorama 360 derajat. 

Menara Pandang Ketep Pass yang dibangun dengan kerangka besi ini bisa menampung pengunjung dengan kapasitas hingga 150 orang. 

Namun dengan mempertimbangkan segi kekuatan teknis dan kenyamanan pengunjung, saat ini jumlah pengunjung yang diizinkan naik sekaligus dibatasi hanya 80 orang dengan durasi kunjungan di menara dibatasi antara 15 hingga 20 menit.

Ikon dari Menara Pandang Ketep Pass adalah menara pandang tiga lantai berbentuk lingkaran yang tingginya mencapai 9 atau 11 meter. Dari sini wisatawan bisa menikmati indahnya lereng Gunung Merapi, merupakan gunung teraktif di Indonesia.




Untuk menuju Menara Pandang dari tempat parkir Ketep Pass pengunjung harus melewati skywalk. 

Skywalk itu panjangnya sekitar 16 meter bisa untuk berselfie yang akan menghubungkan dari prasasti Ketep Pass ke lantai dua gardu pandang Menara Langit. 

Selain menjadi objek wisata, bangunan Menara Langit Merapi ini juga diharapkan dapat membantu dalam mitigasi bencana dan pengamatan aktivitas Gunung Merapi. 

Terletak di kawasan rawan bencana (KRB) III Merapi sekitar 9,5 km dari puncak, menara ini sangat mendukung untuk melakukan pengamatan dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait kondisi Gunung Merapi.

Panorama 7 Gunung Di Menara Langit

View 7 gunung dari atas Menara Langit Ketep Pass
(IG tangkapan layar @badrikaaa)

Dengan adanya menara observasi ini dan memanfaatkan fasilitas teropong yang ada, wisatawan dapat menikmati keindahan lereng Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi teraktif di Indonesia dan gunung lain di sekelilingnya.

Ada 7 puncak gunung yang bisa dilihat dan dinikmati dari menara pandang, yakni puncak Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet, Telomoyo dan Andong. Dan bahkan dapat bonus view Gunung Tidar.

Agar dapat menikmati panorama tujuh gunung yang indah, disarankan untuk mengunjungi menara pada pagi hari antara pukul 08.00-11.00 WIB, atau pada sore hari antara pukul 15.30-16.30 WIB untuk menyaksikan matahari terbenam.

Fasilitas Menara Pandang Ketep Pass

fasilitas di menara langit ketep pass
Menara Langit Merapi Ketap Pass dilengkapi sejumlah fasilitas memadai
(IG tangkapan layar @badrikaaa)

Area Menara Langit Ketep Pass dilengkapi sejumlah fasilitas bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam lereng Gunung Merapi, gunung berapi teraktif di Indonesia.




Terdapat fasilitas umum seperti landskap, tempat istirahat, toilet bersih dan modern. Selain itu juga tersedia fasilitas kios oleh-oleh UMKM sebagai showcase produk UMKM di Magelang dan 5 warung kuliner untuk melayani pengunjung yang lapar dan haus.

Tentang Wisata Ketep Pass

wisata Ketep Pass Magelang
Gunung Merapi tampak jelas dari area parkir Ketep Pass.


Ketep Pass adalah salah satu tempat wisata alam yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Selain menawarkan pemandangan indah Kota Magelang dari ketinggian, tempat wisata Ketep Pass dikenal sebagai objek wisata alam yang dikhususkan untuk wisata gunung, terutama Gunung Merapi. 

Berada di atas ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 8 ribu meter persegi, lokasi Ketep Pass terletak di puncak Bukit Sawangan, diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga posisinya sangat strategis. 

Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Wahana Dan Spot Menarik Ketep Pass


Ketep Pass adalah tempat liburan yang sejuk dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Berikut adalah beberapa tempat menarik di Ketep Pass yang sayang untuk dilewatkan:

Ketep Volcano Center

Ketep Volcano Center 

Ketep Volcano Center adalah museum vulkanologi yang menampilkan informasi seputar gunung berapi, terutama Gunung Merapi. Di museum ini, pengunjung dapat melihat miniatur Gunung Merapi dan beberapa contoh batuan bukti letusan dari tahun ke tahun. 

Selain itu, terdapat komputer interaktif yang berisi dokumen tentang gunung api dan poster puncak Garuda berukuran 3x3 meter, poster peringatan lahar Gunung Merapi, serta foto-foto letusan dahsyat Gunung Merapi.



Teropong

Teropong di Ketep Pass
Teropong di Ketep Pass (via Yogjo)

Di Ketep Pass terdapat dua teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan lebih dekat. Teropong tersebut terletak di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. 

Dengan teropong, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Andong, dan Gunung Merbabu.

Pelataran Panca Arga


Pelataran Panca Arga
Pelataran Panca Arga Ketep Pass (via IG @keteppassmagelang)

Pelataran Panca Arga adalah destinasi wisata tertinggi di Ketep Pass. Dari sini, pengunjung dapat melihat pemandangan lima gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. 

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat gunung-gunung kecil dan bukit indah lainnya seperti Gunung Tidar, Gunung Andong, Bukit Telomoyo, dan Bukit Menoreh.

Bioskop Mini

Volcano Theater di Ketep Pass
Volcano Theater Ketep Pass (Beritamagelang.id)


Bioskop mini (Volcano Theater) di Ketep Pass memiliki kapasitas tempat duduk 78 kursi dan filmnya berdurasi sekitar 25 menit. 

Di sini, pengunjung dapat menonton film sejarah Gunung Merapi yang meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di Puncak Garuda, serta letusan dahsyat di Gunung Merapi. 



Gardu Pandang

Gardu Pandang Ketep Pass
Gardu Pandang Ketep Pass (Dailyvoyagers.com)


Gardu Pandang juga menjadi tempat menarik di Ketep Pass. Terdapat dua gazebo berukuran 4 meter persegi serta bangunan segi delapan dengan panjang sisi 5 meter. 

Dari Gardu Pandang, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar seperti hamparan tanah pertanian, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Dan yang terbaru di awal 2023, Ketap Pass bertambah wahana baru yang dinamakan Menara Langit Merapi berupa sebuah menara pandang dengan view 360 derajat.

Tiket Masuk Ketep Pass Dan Menara Langit Merapi

Bagi pengunjung wisata Ketep Pass Magelang, untuk menikmati semua wahan dan fasilitas wisatanya dikenakan tiket masuk sesuai dengan waktu kunjungan.

Hari Biasa (Senin-Sabtu) : Rp 10.500/orang
Hari Minggu/Hari libur nasional : Rp 12.500/orang 

Parkir motor Rp 3.000, mobil Rp 5.000.

Volcano Theater

Tiket bioskop yang menayangkan kejadian erupsi Merapi tiketnya Rp 9.000/orang.

Tiket Masuk Menara Langit

Untuk menikmati wahana baru Menara Langit Merapi Ketep Pass, setiap pengunjung membayar tiket Rp 5.000 /orang.

Namun selama masa promo, berlaku tarif tiket masuk promo sebesar Rp 9000, bisa digunakan untuk naik di menara Langit dan bisa melihat Volcano Theater. 

Ada juga fasilitas teropong yang bisa disewa untuk melihat aktivitas Merapi, keindahan Gunung Merbabu dan lain sebagainya.

Jam Operasional Ketep Pass

Wisata Ketep Pass dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Mengingat lokasi Menara Langit juga berada di lokasi yang sama, maka kemungkinan jam operasionalnya juga akan mengikuti jam buka Ketep Pass.



Rute Menuju Menara Langit Merapi Ketep Pass

Wahana wisata Menara Langit Merapi berada di kawasan wisata Ketep Pass, jadi kamu cukup datang ke Ketep Pass untuk menikmati pesona keindahan 7 gunung dari tower observasi Menara Langit.

Destinasi wisata Pesona Ketep sendiri lokasinya berada wisata Ketep Pass ini berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Dari pusat kota Magelang berjarak sekitar 26 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara motor, dengan kondisi medan jalan yang sudah beraspal mulus.

Lokasi wisata Ketep Pass ini meskipun masuk wilayah Magelang, namun bisa diakses dari beberapa wilayah lain seperti Boyolali (34 KM), Salatiga (35 KM), maupun Yogyakarta via Muntilan (43 KM).

Berikut peta lokasi Wisata Menara Langit Merapi Ketep Pass Magelang sebagai pedoman untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut dengan mudah.



Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top