Tiket Masuk Sakura Hills Tawangmangu, Taman Wisata Ala Jepang Dengan Panorama Gunung Lawu

info lengkap wisata Sakura Hills Tawangmangu
Tidak usah jauh-jauh ke Jepang kalau ingin menikmati wisata bernuansa Negeri Sakura, ke Tawangmangu saja. Ada Sakura Hills sebuah destinasi wisata keluarga yang Jepang banget. Berikut info lengkapnya : tiket masuk, jam buka, lokasi, dan wahana yang ada.

Sakura Hills Tawangmangu, sebuah destinasi wisata yang sedang populer, terletak di kawasan Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan destinasi wisata keluarga yang menggabungkan harmoni alam dengan nuansa Jepang.

Keindahan taman Sakura dan ornamen khas Jepang di Sakura Hills membuat pengunjung betah dan tak dapat berhenti mengabadikan momen indah di setiap sudutnya. Bangunan-bangunan unik yang ada di sini sengaja dirancang sebagai wahana berfoto, seperti Benteng Takeshi, gapura merah, taman sakura, dan lainnya. 

Bahkan sejak memasuki area wisata Sakura Hills, pengunjung sudah disambut pintu masuknya yang Jepang banget bentuknya.

pintu gerbang Sakura Hills
Pintu gerbang Sakura Hills, Jepang banget. (via https://pesonakaranganyar.karanganyarkab.go.id)

Perpaduan panorama alam Gunung Lawu yang indah dan atmosfer Negeri Sakura menciptakan daya tarik tersendiri dari wisata ini. 

Replika bangunan khas Jepang yang ada di Sakura Hills sangat cocok sebagai latar belakang foto yang instagramable, terutama dengan pesona bunga sakura berwarna merah muda yang menarik. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi pengunjung di Tawangmangu.

Lokasi Sakura Hills yang dikelilingi pepohonan memberikan udara yang sejuk dan menyegarkan, sehingga pengunjung merasa nyaman tanpa merasa kepanasan. Tempat ini menawarkan desain dan konsep wisata ala negeri Sakura yang diperkaya dengan keindahan alam Gunung Lawu.

Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah dari pepohonan sakura dan latar belakang Gunung Lawu. 

Selain itu, Sakura Hills dilengkapi dengan bangunan-bangunan khas Jepang, seperti taman Jepang, taman sakura, supercamp, dan forest canopy.

taman bunga di Sakura Hills Tawangmangu
Setiap sudut Sakura Hills sangat kental nuansa Jepangnya (via  Facebook

Area lain di Sakura Hills Tawangmangu juga terdapat kolam buatan yang digunakan untuk naik kano. Kano ini dapat mengangkut hingga dua orang penumpang sekaligus. Menariknya lagi kamu juga bisa menyusuri keindahan danau di sini dengan menaiki perahu. 

Salah satu sudut Sakura Hills via Google maps


 

Wahana Dan Aktivitas Seru Di Sakura Hills


1. Hunting Foto Instagramable

Gerbang ala kuil Torii Jepang di Sakura Hills
Gerbang ala Torii di Sakura Hills, salah satu spot favorit pengunjung (via Google maps)


Sakura Hills menawarkan banyak tempat yang cocok untuk foto-foto yang instagramable. Terdapat berbagai pilihan spot foto di Sakura Hills, seperti gerbang Tori Path yang memiliki tiang merah khas Jepang seperti di Fushima Inari-taisha. Selain itu, kamu juga dapat berfoto di Takeshi Castle dan Samurai Park.

Kawaguchiko Onsen

Kawaguchiko Onsen di Sakura Hills
Mini onsen di Sakura Hills (via Instagram)


Kawaguchiko Onsen merupakan tempat yang ideal untuk menghangatkan diri di pegunungan yang memiliki udara dingin. Di sana, kamu dapat menikmati pemandian air panas tradisional Jepang yang disebut "onsen" untuk merilekskan tubuhmu. Ada juga sauna tertutup yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Taman Sakura Dan Taman Samurai


Taman Samurai di Sakura Hills
Taman Samurai 

Di Sakura Hills terdapat Taman Sakura (Sakura Park) dan Taman Samurai (Samurai Park) yang menarik dijelajahi. 

Di Taman Samurai, terdapat sejumlah patung pendekar Jepang dengan berbagai pose yang mengenakan pakaian perang dan membawa pedang katana. 

taman jepang di Sakura Hills
Taman Jepang di Sakura Hills (Google maps)


Sementara itu, di Taman Sakura, sesuai dengan nama yang menggambarkan keindahannya, taman ini menampilkan berbagai sudut yang dipenuhi dengan bunga sakura yang berwarna merah muda dan sedang mekar, menyerupai pemandangan musim semi di Jepang.

Bunga sakura ini berasal dari pohon ceri asli yang dikembangkan di tempat ini, menjadikan taman ini sebagai lokasi budidaya bunga sakura yang indah.

3D Sinema


wahana sinema 3D sakura hills
Wahana Sinema 3D di Sakura Hills (via Google maps)

Pengunjung juga bisa menikmati wahana sinema 3D di Sakura Hills Tawangmangu. Ada beberapa film yang tersedia, seperti Coller Coaster, Amazon, Tarzan, Under Sea dan Dino World.

Nihon Gallery

Persewaan kostum Nihon Gallery (Youtube @Travelinghits)


Di Sakura Hills terdapat Nihon Gallery, sebuah bangunan yang menonjol dengan dominasi warna merah. Lantainya dilapisi dengan kayu, dan di dalamnya terdapat berbagai lukisan dan pernak-pernik khas Jepang yang menggambarkan sejarahnya. 

Bangunan ini tidak hanya menjadi tujuan wisata, tetapi juga menjadi destinasi edukatif yang menawarkan wawasan tentang budaya Jepang. Kamu juga bisa menyewa aneka kostum dan aksesoris Jepang disini.

Kamu juga dapat mencoba Japanese Tea Ceremony, sebuah upacara minum teh yang merupakan salah satu budaya yang terkenal di Jepang. 

Serasa berada di negeri matahari terbit Jepang (Instagram @andy.hetty)


Lawu Gallery


wahana Lawu Gallery di Sakura Hills
Lawu Gallery menampilkan informasi tentang Gunung Lawu (Youtube @zhavroontofficial)

Jika di Nihon Gallery kamu bisa menyewa pakaian dan peralatan tradisional Jepang, di Lawu Gallery yang merupakan museum mini, kamu bisa mendapatkan informasi seputar Gunung Lawu.

Souvenir Shop

Souvenir shop (Youtube @Travelinghits)

Di lokasi Sakura Hills juga terdapat souvenir shop yang menjual pernak-pernik serba Jepang. Seperti kaos, dan aksesoris.

Forest Canopy Tour

wahana Forest Canopy Tour di Sakura Hills
Pintu masuk Forest Canopy Tour di Sakura Hills (Youtube @@zhavroontofficial


Forest Canopy Tour di Sakura Hills menawarkan pengalaman unik berkeliling hutan melalui jembatan bambu yang panjang. Kamu akan melewati hutan yang hijau dengan pepohonan yang rindang, sambil menikmati panorama yang indah sepanjang perjalanan. 

Salah satu spot terbaik untuk berfoto adalah di ujung jembatan, dengan latar belakang Bukit Mongkrang. Selama menjelajahi hutan, kamu juga akan disuguhi dengan suara-suara serangga yang jarang terdengar di perkotaan, memberikan pengalaman yang menenangkan untuk telinga.

Zen Garden

rock balancing Sakura Hills
Mencoba Rock balancing di Sakura Hills (via Instagram)


Zen Garden merupakan area khusus di Sakura Hills yang didedikasikan untuk pengunjung yang ingin mencoba sensasi 'rock balancing'. Aktivitas ini bertujuan untuk menguji fokus dan ketenangan saat menyusun batu-batu dengan berbagai bentuk agar bisa seimbang. 

Meskipun terdengar dan terlihat mudah, saat mencobanya, kamu akan menemukan bahwa aktivitas ini sebenarnya sangat menguji kesabaran karena batu-batu tersebut seringkali jatuh akibat ketidakseimbangan posisinya. Area Zen Garden ini sering digunakan untuk mengadakan perlombaan rock balancing yang menarik.

Cafe dan Resto Sakura Hills

Ishoku Resto salah satu restoran di Sakura Hills (Youtube @Travelinghits)


Salah satu hal yang wajib kamu coba saat berada di Sakura Hills adalah kulinernya. Kamu dapat mencoba Jubatsu Cafe yang menawarkan makanan ala Jepang. Namun, jika kurang suka masakan Jepang, kamu bisa memilih Isoku Resto yang menyajikan makanan Indonesia. 

Di Isoku Resto, kamu juga bisa menikmati Kopi Lawu Salman, yaitu kopi arabika asli yang hanya ada dan ditanam di Sakura Hill Tawangmangu.

Lawu Jeep Adventure


Lawu Jeep Adventure di Sakura Hills
Armada jeep di Sakura Hills (Youtube @tanahpictures9224)

Tak sekedar menyajikan spot foto yang estetik dan instagramable, pengunjung Sakura Hills juga bisa melakukan berbagai aktivitas – aktivitas lain.    

Salah satunya adalah menjelajahi area Sakura Hills menggunakan Jeep. Kegiatan ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai tantangan dan ingin merasakan sensasi adrenalin.

Terdapat beberapa paket tour dengan jeep. Jika hanya untuk eksplor ke atas bukit Sakura Hills biayanya Rp 200 ribu. 


Penginapan Di Sakura Hills

Supercamp Sakura Hills
Supercamp Sakura Hills (via Karanganyarnews.pikiran-rakyat.com)


Selain menikmati pemandangan dan berfoto dengan latar bernuansa Jepang, Sakura Hills Tawangmangu juga menyediakan penginapan bagi wisatawan. 

Penginapan ini bernama Supercamp, dengan bangunan kamar segitiga yang menghadap langsung ke pemandangan alam Gunung Lawu. 

Supercamp memiliki konsep pengganti tenda dengan kapasitas hingga enam orang. Bangunan Supercamp yang terbuat dari kayu memiliki desain yang unik.

Pengunjung dapat menikmati Supercamp dengan biaya mulai Rp 400 ribu per malam, disini tersedia beberapa tipe kamar beserta fasilitasnya. 

Fasilitas yang disediakan termasuk enam set kasur, bantal, selimut, dan kamar mandi luar dengan air yang berasal langsung dari Gunung Lawu. 

Pilihan lain ada Villa Rumah Kaca, tipe penginapan sky view yang memiliki atap transparan dengan tarif mulai Rp 550 ribu semalam. Tersedia kapasitas untuk 2 sampai 3 orang.


penginapan tipe sky view di Sakura Hills
Penginapan sky view di Sakura Hills


Selain penginapan Supercamp, alternatif lain adalah camping alias berkemah. Sakura Hills menyediakan tempat camping dengan biaya sewa Rp 40 ribu/per orang sudah termasuk tiket masuk wisata. Namun semua perlengkapan tenda disediakan penyewa. 

Fasilitas Di Sakura Hills

Mushola di Sakura Hills bentuknya Jepang banget
Mushola di Sakura Hills (Youtube @Travelinghits)

Berikut adalah fasilitas yang dapat dinikmati saat mengunjungi Sakura Hills:

Fasilitas Umum: Di Sakura Hills, terdapat fasilitas umum seperti area parkir, toilet, dan mushola yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Kuliner: Nikmati fasilitas kuliner di Sakura Hills, di antaranya Jubatsu Cafe yang menyajikan menu makanan ala Jepang. Jika Anda tidak terlalu menyukai masakan Jepang, Anda dapat mencoba Isoku Resto yang menawarkan menu makanan Indonesia. Restoran ini juga menyediakan kopi arabika asli yang ditanam khusus di lokasi wisata ini.

Ornamen Ikonik: Di Sakura Hills, terdapat berbagai ornamen dan bangunan ikonik Jepang yang dipadukan dengan pemandangan alam Gunung Lawu. 

Beberapa bangunan ikonik yang dapat ditemukan antara lain tiruan Benteng Takeshi dengan corak kayu khas Jepang, pintu gerbang kuil Torii Path yang berwarna merah-oranye khas Jepang, Lorong Waktu yang terbuat dari botol kecap bekas untuk mengingatkan tentang daur ulang, dan Samurai Koen yang terdiri dari patung samurai yang dibuat dari pipa paralon dan ban bekas.

Sewa Kimono: Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba pakaian tradisional Jepang seperti kimono, yukata, atau baju samurai. Juga ada berbagai aksesoris seperti payung, kipas tangan, dan pedang katana khas Jepang. Sakura Hills menyediakan fasilitas sewa dengan biaya terjangkau, yaitu Rp15.000 per jam.

Permainan anak : Pengunjung keluarga di Sakura Hills yang membawa anak juga dapat memanfaatkan aneka permainan yang serba berwarna merah.

Nikmati fasilitas-fasilitas menarik ini saat kamu mengunjungi Sakura Hills dan rasakan atmosfer Jepang yang khas tanpa harus pergi jauh ke negara tersebut.

Tiket Masuk Sakura Hills


loket masuk Sakura Hills
Loket pembelian tiket masuk Sakura Hills (Youtube @jsxplore)


Terdapat perbedaan harga tiket masuk Sakura Hills antara hari biasa dan akhir pekan, namun secara umum cukup terjangkau untuk semua kalangan. 

Untuk weekday atau hari biasa, harga tiket normal untuk dewasa adalah Rp20.000 dan untuk anak-anak adalah Rp15.000. 

Namun, pada akhir pekan dan hari libur, harga tiket dewasa menjadi Rp25.000, sementara anak-anak tetap Rp15.000. 

Tiket anak diperuntukan bagi anak yang berusia 4 hingga 7 tahun, sedangkan anak-anak berusia di bawah 4 tahun dapat masuk secara gratis.

Harga tiket masuk ke Sakura Hills Tawangmangu tersebut berlaku pada 2023, dan dimungkinkan terjadi perubahan di waktu mendatang.

Jam Operasional Sakura Hills


jam buka Sakura Hills
Jam operasional Sakura Hills cukup panjang (Youtube @Travelinghits)

Bagi kamu yang akan berwisata ke Sakura Hills, tempat wisata dengan nuansa Jepang ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

Dengan jadwal operasional yang fleksibel ini, kamu dapat mengunjungi destinasi ini kapan saja, baik pada hari biasa maupun pada akhir pekan atau hari libur nasional ketika pengunjung cenderung lebih ramai.

Lokasi Dan Rute Menuju Sakura Hills

Lokasi Sakura Hill terletak di Jl. Raya Matesih No. 16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Letaknya di jalan raya yang menghubungkan antara Tawangmangu dan Sarangan.

Jaraknya sekitar 30 km atau 40 menit perjalanan dari pusat Kabupaten Karanganyar melalui Jalan Lawu. 

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Solo melalui Jalan Karanganyar - Surakarta, jaraknya sekitar 48 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 80 menit. Akses menuju lokasi ini relatif mudah dan tidak ada banyak hambatan.

Jika berangkat dari Solo atau Sragen, kamu dapat langsung menuju Tawangmangu. Ikuti jalur utama menuju Telaga Sarangan (menuju Magetan), dan Sakura Hill akan berada di sebelah kiri jalan, sebelum Basecamp Cemoro Kandang Gunung Lawu.

Sakura Hill berhasil menarik pengunjung yang tidak memiliki kesempatan untuk pergi jauh ke Jepang. Kamu dapat merasakan atmosfer yang serupa dengan mengunjungi destinasi ini sambil menikmati pemandangan Gunung Lawu yang khas di sekitarnya.

Berikut peta lokasi Wisata Sakura Hills Tawangmangu, untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut. 


Demikianlah informasi tiket masuk Sakura Hills di Tawangmangu, sebuah taman wisata ala Jepang yang dipadu dengan panorama alam Gunung Lawu. Semoga bermanfaat.

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top