Pulau Nusa Manona dan Keindahan Danau Cipanunjang di Pangalengan, Bandung

wisata Pulau Nusa Manona
Wisata Pulau Nusa Manona


Ada sebuah destinasi wisata yang sedang populer di Bandung, bernama Pulau Nusa Manona. Pulau ini terletak di Pangalengan-Bandung, Jawa Barat, dan merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bandung. Yang unik adalah pulau ini terletak di tengah-tengah danau Situ Cileunca.

Di Bandung, terdapat sebuah wisata yang sedang populer bernama Pulau Nusa Manona. Pulau kecil ini terletak di Pangalengan-Bandung, Jawa Barat, dan merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bandung. Keunikan dari pulau ini adalah lokasinya yang berada di tengah-tengah Danau Situ Cileunca.

Di Bandung, orang sering menyebut danau dengan "Situ", sehingga Danau Cipanunjang, yang merupakan hidden gem, lebih dikenal dengan sebutan Situ Cipanunjang. Nama Cipanunjang sendiri memiliki arti penyokong atau penunjang.

Cipanunjang adalah sebuah hidden gem di Bandung berupa danau yang terletak di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Hal ini disebabkan oleh keberadaan Danau Cipanunjang yang berada di atas Danau Cileunca.

Danau Cipanunjang memiliki pemandangan yang eksotis, terutama dengan adanya pulau kecil di tengahnya yang disebut Manona. Pulau ini menjadi destinasi baru bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam yang masih asri dan alami. 

Udara di sekitarnya sangat sejuk, dengan air dan pepohonan hijau yang melimpah. Dari pulau ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan kebun teh, hutan pinus, dan danau yang terkenal.

Pulau Nusa Manona Pangalengan memiliki udara yang sejuk, karena Pangalengan sendiri merupakan wilayah dataran tinggi di Bandung Selatan.

Selain itu, keindahan alam di pulau ini tidak tertandingi, karena pulau ini dikelilingi oleh kebun teh dan hutan pinus, serta terletak di sekitar Danau Cileunca. Pemandangan ini pasti akan memanjakan mata Anda.

Untuk mencapai Pulau Nusa Manona, pengunjung harus menyeberangi Situ Cipanunjang menggunakan perahu dengan jarak tempuh yang relatif singkat. Setibanya di pulau, Anda dapat menikmati keindahan Pangalengan dari tengah danau. Dengan udara yang sejuk, menggunakan hammock akan menjadi pengalaman bersantai yang lebih menyenangkan.

Fasilitas Dan Tiket Masuk Nusa Manona


Meskipun wisata ini berada di tengah pulau, namun soal fasilitas tidak perlu dikhawatirkan.
Pulau Nusa Manona menyediakan berbagai fasilitas lengkap bagi pengunjungnya. Fasilitas yang tersedia meliputi area parkir kendaraan, penyewaan perahu, toilet, kantin, peralatan camping, termasuk tenda dan Camping Ground. Dengan begitu pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan atau kebingungan mencari fasilitas mandi.

Untuk mencapai pulau ini, para wisatawan perlu menaiki perahu dan menyeberang selama sekitar 7 menit. 

Tiket masuk ke Pulau Nusa Manona dibanderol seharga Rp 20 ribu per orang. Biaya tersebut sudah termasuk perahu untuk mengelilingi danau pergi dan pulang. 

Jika ingin bermalam, pengunjung juga bisa menggunakan tenda yang disediakan oleh pengelola.

Karena ukuran pulau yang tidak terlalu besar, konsep berkemah di sini dilakukan di area camping ground. 

Tempat ini cocok bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu healing secara romantis bersama keluarga atau teman-teman. 

Bagi pengunjung yang ingin berkemah dan membawa peralatan sendiri, dikenakan biaya mulai dari Rp 60 ribu. Namun, jika pengunjung memilih untuk menyewa peralatan camping dari pihak pengelola, biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 650 ribu. 

Peralatan yang disediakan meliputi tenda dengan kapasitas 4 orang, sleeping bed dan matras gratis, kasur dan bantal gratis, serta perahu pulang pergi gratis.

Akses Ke Wisata Nusa Manona



transportasi menuju Nusa Manona
Perahu, satu-satunya alat transportasi menuju Nusa Manona (Instagram @a.lan_491)



Pulau Nusa Manona terletak di Desa Cieurih Margamekar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. 

Pulau kecil ini berada di tengah Danau Cipanunjang. Akses menuju tempat wisata ini juga cukup mudah. 

Jika Anda berangkat dari pusat kota Bandung, perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 km.

Untuk mencapai lokasi, pengunjung yang menggunakan jalan tol dari Jakarta-Bandung dapat memilih Tol Seroja atau Banjaran, dengan pintu keluar di Soreang. Setelah keluar dari pintu tol, pengendara cukup mengikuti arah ke Pangalengan.

Setibanya di Pangalengan, pengunjung dapat mengarah ke Desa Pulosari menuju SMPN 4 Pangalengan. 


Wisata Nusa Manona di Danau Cipanunjang
Pesona wisata Pulau Nusa Manona (via Google.com)

Setelah melewati SMPN 4 Pangalengan, pengemudi hanya perlu mengikuti jalan menuju tempat parkir yang telah disediakan untuk Pulau Nusa Manona.

Terdapat berbagai sarana transportasi yang siap mengantarkan wisatawan untuk berlibur di daerah yang dikenal dengan udara dingin tersebut. 

Untuk mencapai Danau Cipanunjang, wisatawan harus menyeberangi Situ Cileunca terlebih dahulu. 

Namun, tidak perlu khawatir, karena terdapat banyak perahu kayu yang disediakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana transportasi yang menghubungkan Danau Cileunca dengan Danau Cipanunjang.

Ketika tiba di Cipanunjang, wisatawan akan terpesona oleh panorama alamnya yang eksotis. Dari bibir danau, pengunjung dapat melihat pemandangan indah hampir seluruh permukaan Situ Cileunca. Ditambah lagi dengan pemandangan Gunung Tilu yang megah di sebelah barat.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati wisata di Danau Cipanunjang. Kawasan ini termasuk salah satu tempat wisata yang ekonomis di Bandung. 

Oleh karena itu, keindahan alam dan panorama yang eksotis yang ditawarkan oleh Danau Cipanunjang di Pangalengan menjadikannya pilihan wisata yang cocok saat liburan tiba.





Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top