Songgoriti Hot Springs - Batu : Sensasi Berendam Di Kolam Air Panas Dari Sumber Air Legenda Candi Tertua di Jawa Timur


Songgoriti Hot Springs Batu
Songgoriti Hot Spring dilihat dari atas (via Youtube @NikoChanneldaniar)

Kota Batu masih menjadi tempat tujuan yang sangat disukai oleh para wisatawan di Jawa Timur khususnya. Perpaduan antara udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah, serta makanannya yang lezat, menjadikan kota Batu sebagai tempat yang banyak dicari oleh banyak orang sebagai tempat berwisata.

Kota Batu adalah kota wisata yang menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang indah, baik yang dibuat manusia maupun yang alami. Hal ini menjadikan banyak wisatawan domestik dan mancanegara memilih untuk menghabiskan waktunya di Kota Batu.

Salah satu tempat wisata yang populer di Kota Batu adalah Songgoriti. Tempat ini sebenarnya merupakan destinasi wisata utama di masa lalu sebelum banyak tempat wisata baru seperti Jatim Park muncul di Kota Batu.

Songgoriti terletak di punggung Gunung Banyak Paralayang dan memiliki nilai historis yang panjang.

Di sini terdapat Candi Songgoriti yang dibangun pada abad ke-9 dan menjadi tempat ritual suci pembuatan keris pada zaman kerajaan Singosari. Selain itu, keotentikan air panas di Songgoriti diakui oleh banyak pihak dan diharapkan dapat ditetapkan sebagai kawasan warisan oleh UNESCO.

Sempat lama terbengkalai, sekarang Songgoriti sedang dalam tahap pemugaran dan pembangunan besar-besaran untuk menjadi pusat wisata terbaik di Kota Batu kembali.

Launching Songgoriti Hot Springs pada 18 Februari 2023 sebagai destinasi wisata yang  yang memiliki hotspring berupa kolam renang dan Jacuzzi mengawali kebangkitan kawasan wisata Songgoriti.

Hadirnya Songgoriti Hot Springs sebagai destinasi wisata baru  yang menawarkan kolam air hangat yang berasal dari sumber yang berada di sekitar Candi Songgoriti ini langsung mendapatkan sambutan yang antusias dari wisatawan.

Apa itu Songgoriti Hot Springs


wisata berendam air panas songgoriti hot springs
Salah satu sudut Songgoriti Hot Springs (Youtube @tripwow)

Songgoriti Hot Springs adalah tempat wisata yang menawarkan sensasi berendam di kolam air hangat yang berasal dari sumber di sekitaran Candi Songgoriti.

Songgoriti Hot Springs terletak di area wisata Songgoriti, tepatnya di Jalan Raya Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Tempat ini berupa sebuah  lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang memberikan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Presiden Soekarno pernah terpesona oleh keindahan dan sejarah di kawasan Songgoriti dan bahkan beberapa kali bermalam di sana.

Di Songgoriti Hot Springs, kita dapat merasakan sensasi mandi air hangat dengan kandungan belerang yang berasal dari sumber mata air legendaris Candi Songgoriti.

Candi Songgoriti sendiri merupakan candi tertua di Jawa Timur yang didirikan pada abad ke-9 M oleh Mpu Sindok. Di bawah Candi ini terdapat 3 sumber air, yaitu air panas, air dingin, dan air keruh hijau.

Cerita romantisme antara Ken Arok dan Ken Dedes bahkan dihubungkan dengan Candi Songgoriti. Yaitu sebagai lokasi pertemuan Ken Dedes dan Ken Arok.

Selain itu, tempat ini juga dikaitkan dengan legenda para Empu yang mencuci keris kesaktiannya di sana.

Terlepas dari itu, Songgoriti Hot Springs adalah tempat yang sempurna untuk merasakan suasana damai dan menyegarkan diri.

Terletak di tengah lembah perbukitan yang strategis, tempat ini memberikan suasana alami yang sejuk dan nyaman. Berendam di jacuzzi air panas dengan udara segar adalah pengalaman yang tidak terlupakan ketika berwisata di Kota Batu.


Fasilitas Songgoriti Hot Springs

Songgoriti Hot Springs menyiapkan berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjungnya
(Instagram @songgoritihotsprings)

Di Songgoriti Hot Springs, terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Selain kolam air panas, terdapat pula whirpool, kolam air dingin, panggung untuk penampilan band, meja bar yang menampilkan atraksi juggling botol, serta restoran dan kafe dengan konsep indoor dan outdoor ala Bali yang akan memberikan pengalaman serasa berada di Pulau Dewata di Kota Batu.

Setelah merendam tubuh di air panas, pengunjung dapat menyegarkan diri dengan menikmati berbagai menu makanan dan minuman sambil mendengarkan musik.

Dengan suasana yang tenang dan menyegarkan, Songgoriti Hot Springs menjadi tempat yang sempurna untuk merelaksasi tubuh dan pikiran serta mengisi kembali energi.

Pada akhir pekan, pengunjung juga dapat menikmati penampilan musik live yang akan menambah keseruan dalam berwisata dan merendam air panas di Songgoriti Hot Spring.

Selain itu, pihak manajemen juga berencana melakukan pengembangan di masa depan dengan menambahkan wahana flying fox, lokasi air soft gun, dan pasar wisata di kawasan tersebut.

Tiket Masuk Songgoriti Hot Springs

Songgoriti hot springs batu dilengkapi cafe dan resto instagramable
Songgoriti Hot Springs dilengkapi resto dan cafe model open space (Youtube @doyanhealingid)

Bagi pengunjung yang akan memasuki Songgoriti Hot Spring dikenakan tiket masuk ke sebesar Rp 100 ribu per orang dan anak-anak di bawah lima tahun bisa masuk gratis.

Tarif tersebut berlaku baik pada hari biasa maupun akhir pekan.

Setelah membeli tiket, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di tempat ini, termasuk berendam sepuasnya di kolam air panas atau whirpool, serta makan dan minum yang akan disediakan secara gratis.

Sementara harga tiket untuk hari biasa dan akhir pekan masih belum dibedakan.

Jam Buka Songgoriti Hot Springs Batu

jam buka songgoriti hot springs
Songgoriti Hot Spring buka dari pagi hingga malam (Youtube @doyanhealingid)

Bisa dikatakan jam operasional Songgoriti Hot Spring cukup panjang, karena pihak manajemen melayani pengunjung mulai pagi hingga malam hari. Sehingga kamu bisa memilih waktu yang sesuai untuk mengunjunginya.

Setiap hari Songgoriti Hot Springs akan beroperasi mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Namun, manajemen akan mempertimbangkan untuk membuka selama 24 jam jika terdapat animo pengunjung yang cukup besar.

Dengan segala fasilitas yang tersedia, Songgoriti Hot Springs di Kota Batu menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan melepas penat. Berendam di kolam air panas sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan indah sekitarnya adalah pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati live music dan berbagai menu makanan dan minuman yang tersedia di restoran dan cafe yang bergaya Bali.

Jadi, jika Anda ingin melepas penat dan menikmati suasana yang damai, tak ada salahnya mencoba berkunjung ke tempat wisata ini. 

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top