Wisata Soko Alas Ponggok Klaten : Info Wahana, Harga Tiket Masuk dan Jam Buka


Info lengkap wisata Soko Alas Ponggok Klaten
Wahana Soko Alas Ponggok Klaten dari tangkapan layar Youtube @dolansantai

Wisata Soko Alas Ponggok Klaten
- Yang terbaru di Klaten di tahun 2023 disebut-sebut sebagai wahana wisata air terbesar di Kabupaten Klaten. Lokasinya yang berada di Desa Ponggok yang dikenal dengan wisata umbul alias pemandian dengan sumber mata air alami, bisa menjadi pilihan aktivitas liburan karena disekitarnya juga terdapat tempat wisata lain, seperti 

Destinasi ini dikelilingi oleh hamparan sawah hijau yang memberikan suasana sejuk dan nyaman. Di sini, terdapat kolam renang, taman yang indah, dan restoran.

Selain tempat yang cocok untuk tamasya, Soko Alas Ponggok juga instagramable untuk foto-foto. Salah satunya, di area embung yang dilengkapi dengan gazebo ala beach club. Vibes eksteriornya memang ala-alat Bali. Jika Anda penasaran, simak informasi wisata Soko Alas Ponggok di bawah ini sebelum pergi kesini!

Soko Alas Ponggok : The Art of Destination

Soko Alas Ponggok art of destination

Selama ini Desa Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, memang lebih dikenal dengan wisata umbulnya. Namun saat ini ada  tempat wisata yang baru buka disana, yakni Wahana Soko Alas.

Meskipun masih tidak jauh-jauh dari wisata air, Soko Alas Ponggok dikembangkan berdasarkan konsep The Art of Destination, yakni menyuguhkan ilustrasi-ilustrasi yang berkaitan dengan kesenian kerajinan tangan kayu terutama. 

Seperti namanya, Soko Alas menampilkan spot-spot yang dibuat dari limbah kayu hutan. Oleh karena itu, perangkat mebel yang digunakan di kawasan ini pun memanfaatkan limbah kayu, berupa potongan-potongan kayu atau ranting yang dibentuk sebagai instalasi yang bernilai seni.

gerbang masuk Soko Alas Ponggok
Pintu masuk Soko Alas Ponggok terbuat dari potongan kayu.

Sejak dari pintu masuk sentuhan seni ini sudah tampak pada gapura Soko Alas Ponggok yang terbuat dari kerajinan kayu.

Pengunjung akan disambut dengan gapura besar yang terbuat dari potongan-potongan kayu di bagian depan. Di sana juga terdapat panggung dengan panorama danau serta spot lainnya yang berbatasan dengan jalan raya dan area persawahan di Ponggok.

Di bagian tengah kawasan, terdapat bola besar yang terbuat dari potongan-potongan ranting pohon, dan waduk seluas 5.000 meter persegi. 

Pada tepian waduk, terdapat kursi dan beberapa payung jerami yang menciptakan suasana seperti di tepi pantai beach club di Bali atau Thailand.

Ketika masuk lebih dalam ke kawasan, terdapat dua kolam renang dengan kedalaman 50 sentimeter dan 140 sentimeter. Di tepian kolam renang, terdapat sejumlah kursi malas yang dilengkapi peneduh dan terbuat dari anyaman bambu.

kursi malas di kolam renang Soko Alas Ponggok
Kursi malas di sekitar kolam renang


Kawasan wisata Soko Alas Ponggok ini dilengkapi dengan aneka pepohonan mulai dari pohon pandan laut di sekitar embung, pohon pule, pohon tabebuya, pohon kamboja, hingga pohon buah maja. Selain itu, kawasan ini dihiasi dengan patung hewan yang terbuat dari potongan kayu.

Berjalan lebih dalam lagi ke bagian atas, pengunjung akan disuguhi pemandangan taman cantik yang dilengkap dengan kafe dan restoran, joglo, dan ruang pertemuan tertutup.

Tempat untuk menyantap makanan juga didesain secara estetik dengan dilengkapi tirai berbahan potongan kayu.

Untuk  pengelolaan objek wisata Soko Alas di Ponggok ini dilakukan dengan pihak ketiga yang bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Mandiri Ponggok.

Fasilitas Soko Alas Ponggok Klaten


Soko Alas Ponggok dilengkap areal parkir yang luas.

Untuk menunjang kenyamanan para pengunjung, pengelola wahana Soko Alas sudah menyediakan berbagai fasilitas umum yang cukup lengkap, diantaranya berupa :

- Area Parkir yang luas
- Berbagai spot foto instagramable
- Toilet/ Kamar Mandi
- 2 buah Kolam Renang
- Cafe dan Restoran
- Mushola
- Bangku Santai
- Persewaan sepeda listrik, dll.

Wahana Dan Aktivitas Di Soko Alas Ponggok

View Soko Alas Ponggok dari atas (via IG @sokoalasponggok)


Berikut wahana dan kegiatan wisata yang dapat dilakukan oleh para pengunjung di Wahana Soko Alas Klaten:

Mengambil foto di instalasi karya seni kayu


Bola dunia yang terbuat dari kayu dan akar-akarnya, salah satu spot favorit
pengunjung wisata Soko Alas Klaten.

Konsep dari Wahana Soko Alas adalah The Art of Destination, yang menampilkan ilustrasi-ilustrasi seni kerajinan tangan, terutama dari kayu. Sejumlah instalasi karya seni kayu dapat ditemukan di dalam wahana, termasuk gapura masuk, monumen bola dari kayu, dan patung dinosaurus yang diukir.

Mengambil foto di spot yang Instagramable


Spot di kolam renang vibesnya menyerupai beach club di Bali.

Selain instalasi karya seni kayu, Wahana Soko Alas juga menawarkan sejumlah spot foto yang estetik dan Instagramable. 

Beberapa tempat yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto termasuk area tempat duduk yang menghadap embung, taman, dan resto di joglo dengan pemandangan taman dan kolam renang.

Aktivitas di embung

Di area embung, pengunjung dapat melakukan lebih dari sekadar bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah, apalagi menjelang sunset tiba.

Disini terdapat banyak ikan di embung tersebut dan pengunjung dapat memberi makan ikan sehingga ikan-ikan tersebut akan berkumpul. Pilihan lain mengelilingi embung dengan perahu bebek atau kano.

Untuk anak-anak juga tersedia ATV dan scooter listrik yang bisa disewa untuk mengeksplor kawasan wisata Soko Alas Klaten ini.

Berenang

Kolam renang Soko Alas Ponggok (via Facebook.com/dian.rosinta)




2 buah kolam renang besar jadi point of view Soko Alas Ponggok 

Perjalanan ke Ponggok Klaten belum lengkap tanpa berenang. Wahana Soko Alas menyediakan kolam renang untuk para wisatawan. Ada kolam renang khusus untuk anak-anak dan dewasa. Semua kolam tidak terlalu dalam sehingga aman bagi anak-anak.

Menikmati Makanan di Restoran

Resto di Soko Alas Ponggok

Setelah beraktivitas atau berenang, pasti perut akan lapar. Untungnya, di Wahana Soko Alas tersedia restoran. Para wisatawan bisa menikmati hidangan di area joglo yang menawarkan pemandangan taman dan kolam renang.

Di resto Soko Alas Ponggok terdapat menu yang beragam, enak dan harga terjangkau, seperti bandeng goreng, nila goreng, sampai bebek goreng. 

Mengadakan Pertemuan

Wahana Soko Alas juga menyediakan ruang pertemuan untuk berbagai keperluan seperti acara outing kantor, meeting, gathering bahkan arisan. Para wisatawan yang ingin mengadakan pertemuan sambil berlibur dapat memanfaatkan ruangan tersebut.

Wahana Lain Akan Datang

Wahana Soko Alas saat ini masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan terus-menerus. Seiring dengan berjalannya waktu, akan ada lebih banyak kegiatan di Wahana Soko Alas, termasuk bangunan ikonik seperti restoran rumah kaca yang masih dalam tahap pembangunan. 

Selain itu juga akan ada juga perahu kano kaca yang bisa digunakan untuk berkeliling di embung.

Tiket Masuk Soko Alas Klaten

Pemandangan Soko Alas Ponggok Klaten dengan view Gunung Merapi dan Merbabu
(Facebook Ratnasari Irawati)

Untuk menikmati semua wahana dan fasilitas di wisata Soko Alas Ponggok di Klaten, pihak pengelola memberlakukan tiket masuk yang disesuaikan dengan hari kunjungan dan jumlah orang.

Untuk hari kerja (weekdays) tiketnya Rp 10.000, sedangkan untuk hari libur nasional dan akhir pekan (weekdays) Rp 15.000 per orang.

Ketentuan tiket masuk tersebut berlaku untuk pengunjung yang berusia 3 tahun ke atas, sedangkan dibawah usia tersebut tidak perlu membeli tiket alias gratis.

The Art of Destination Soko Alas Ponggok di Klaten juga memberikan harga khusus untuk pengunjung yang datang berombongan, dengan ketentuan berikut :

- Diskon 10% diberikan untuk rombongan umum dengan jumlah minimal 30 orang dan tidak berlaku kelipatannya.

- Diskon 15% berlaku untuk rombongan lembaga pendidikan dengan jumlah minimal 30 orang (tidak berlaku kelipatan) dan wajib disertai surat kunjungan. 

Jam Operasional Soko Alas Klaten

Buat kalian yang berencana berkunjung ke Soko Alas, perlu memperhatikan jam operasionalnya.

Wahana wisata Soko Alas Ponggok-Klaten dibuka setiap hari dengan ketentuan sebagai berikut :

- Senin sampai Jumat buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 (5 sore) WIB.

- Sabtu - Minggu dan Hari Libur Nasional buka lebih awal, yaitu mulai pukul 07.30 WIB dan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

Jadi jam buka wisata air Soko Alas Klaten ini cukup panjang, mulai pagi sampai menjelang senja, sehingga pengunjung bisa menyesuaikan dengan jadwal yang dimilikinya.

Waktu Terbaik Mengunjungi Soko Alas Ponggok

Suasana sore di Soko Alas Ponggok (via IG @surakartahits_)

Meskipun Soko Alas Ponggok bisa dikunjungi mulai pagi hingga malam, waktu terbaik menikmati suasana kawasan ini adalah saat sore hingga malam hari.

Di sore hari setelah jam 15.00 WIB, keindahan area ini semakin memukau. Pengunjung dapat menikmati sunset dan suasana malam yang terasa lebih istimewa dengan cahaya lampu yang memperindah kawasan tersebut.

Sunset di Soko Alas Ponggok


Rute Menuju Wisata Soko Alas Ponggok Klaten

Destinasi wisata Soko Alas Ponggok terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Untuk mencapai lokasi, kamu bisa berangkat dari Alun-alun di pusat kota Klaten, dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menempuh perjalanan sejauh 13 kilometer ke lokasi wisata Soko Alas Ponggok.

Meskipun agak jauh dari pusat kota, lokasi Soko Alas Ponggok cukup strategis dan bisa dicapai menggunakan mobil atau motor dengan kondisi jalan yang sudah baik.

Soko Alas Ponggok adalah alternatif objek wisata baru di Klaten, Jawa Tengah yang layak untuk dikunjungi. Selain berkonsep seni, tempat wisata baru ini juga instagramable.
 
Berikut peta lokasi Wisata Soko Alas Pongggok Klaten, untuk memudahkan kamu menemukan destinasi tersebut dengan cepat.



Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top