Info Lengkap Eco Green Park : wahana, Tiket Masuk, Jam Operasional

info eco green park batu lengkap



Berwisata ke Batu, ada Eco Green Park yang layak masuk daftar kunjungan. Wisata ini mengajak Anda mengelilingi banyak wahana yang menarik sekaligus belajar tentang alam yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Eco Green Park adalah salah satu wisata edukasi yang populer di kota Batu, Jawa Timur. Wisata ini menawarkan pengunjung kesempatan untuk belajar tentang alam dan lingkungan melalui berbagai wahana yang tersedia. Wisata ini cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. 

Wisata Eco Green Park masih satu lokasi dengan Jatim Park II.

Di Eco Green Park, pengunjung diajak untuk berinteraksi dengan alam terbuka dan berbagai jenis binatang yang hidup di lingkungan alam. 

Tujuan utama dari wisata ini adalah untuk mengajak masyarakat, terutama anak-anak, untuk mencintai lingkungan. 

Selain itu, ribuan pohon yang ada di dalam taman ini juga berguna sebagai paru-paru kota Batu. 

Di wisata ini juga terdapat berbagai jenis sapi, kambing, dan ayam yang kotorannya dapat didaur ulang dan digunakan sebagai bahan sumber energi biogas. 

Pengunjung juga dapat mencoba aktivitas menembak di alam liar serta belajar cara mengolah sampah menjadi kompos.

Sebagai informasi, Eco Green Park memiliki daya tarik utama yakni 1.200 hewan jenis aves yang terbagi dalam 150 spesies. Pengunjung yang datang bisa berfoto, memberi makan, dan berinteraksi dengan beragam jenis hewan tersebut. 

Di jam-jam tertentu, pengunjung juga dapat melihat bird show atau atraksi burung. Dalam atraksi ini, pengunjung bisa berinteraksi dengan burung pemangsa.

Ibaratnya, di Eco Green Park pengunjung  berwisata sekaligus belajar mengenai alam dan lingkungan hidup di sekitarnya.

Berikut informasi lengkap tentang wisata Eco Green Park Batu, meliputi wahana yang ada, tiket masuk dan jam operasionalnya.

WAHANA ECO GREEN PARK


Eco Green Park memiliki sangat banyak wahana edukasi maupun permainan dan spot foto yang bertema kelestarian lingkungan alam.
Wahana di Eco Green Park bertema lingkungan dan dekat dengan alam dan dunia binatang

Jungle Adventure


Di wahana Jungle Adventure pengunjung Eco Green Park diajak berkeliling di hutan buatan dengan naik mobil bak terbuka dengan dibekali sebuah pistol elektrik. 

Dalam perjalanan keliling, pengunjung akan diajak untuk berperan sebagai petugas penjaga hutan yang melakukan patroli untuk mengamankan hutan dari pembalakan liar. 

Dalam perjalanan, pengunjung akan menemukan boneka seukuran manusia yang digambarkan sebagai pembalak liar, yang harus ditembak oleh pengunjung. Jika tepat sasaran, maka tubuh “pembalak” liar itu akan roboh. 

Eco Science Center

Selain Jungle Adventure, ada juga Eco Science Center di Eco Green Park Batu. Di tempat ini, pengunjung diajak untuk belajar tentang ilmu alam dan lingkungan. 

Disini pengunjung akan belajar tentang bencana alam, proses terjadinya, penyebabnya, asal usul bumi, kerusakan alam dan  gunung berani. Kamu juga bisa mencoba simulator gempa, badai, dan angin.

Juga dikenalkan dengan budaya-budaya melalui replika 30 candi yang ada di Jawa dan Bali.

Owl House


Di wahana Owl House, kamu bisa melihat banyak jenis burung hantu dari berbagai daerah. Kamu bisa memegang serta berfoto bersama mereka. Kamu juga akan diberikan sarung tangan khusus dan ada spot foto khusus.

World of Parrot

Di wahana Dunia Beo, kamu bisa melihat banyak burung beo dan kakaktua warna-warni yang dapat diajak bicara dan dipegang. Ada juga pertunjukan Parrot Show yang lucu.

Rumah Terbalik


Wahana lain adalah Rumah Terbalik, di mana perabotannya terpasang terbalik dan lampu akan mati dan menyala sendiri saat masuk.

Plaza Musik


Di Plaza Musik, benda bekas dapat dirubah menjadi alat musik. Wahana ini berupa kolam air besar dilengkapi dengan senapan air di sekelilingnya. Air tersebut harus ditembakkan ke arah baling-baling atau benda sekitarnya sehingga menghasilkan alunan musik yang berbeda-beda.

Water Outbound dan Water Track


Di wahana Water Outbound terdapat permainan air seperti sepak bola air dan ember raksasa. 

Sedangkan di wahana Water Track, pengunjung harus berjalan di atas pijakan kayu berbentuk balok dan bundaran. Agar tidak tercebur, kamu harus berjalan dengan hati-hati.

Metal Recycle


Di wahana  Metal Recycle, kamu bisa memilah sampah dan memprosesnya menjadi daur ulang. Di sana sudah disediakan forklift kecil dan sampah untuk diproses.


Animal Farm


Animal Farm merupakan tempat untuk melihat proses pembuatan susu. Disini kamu bisa belajar mulai dari proses pemerahan susu sapi, lalu diproses ke laboratorium sampai diminum. Kamu pun bisa ikut memerah sapi dan minum susu. 

Eco Journey


Ini termasuk wahana baru di Eco Green Park yang hadir pada 2022 lalu. 

Eco Journey merupakan wahana edukasi seputar sejarah lingkungan alam untuk segala usia.
Dengan menaiki kereta khusus yang berisi  orang, kereta akan berjalan perlahan sambil ditampilkan visualisasi dan narasi keadaan lingkungan sejak jaman purba dimulai replikasi alam di jaman es hingga jaman modern.

Wahana ini akan menambah wawasan tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan. Pungunjung bisa mengetahui apa saja dampak polusi, eksploitasi alam dan dampak dari limbah yang mencemari lingkungan. 

Selain wahana yang telah disebutkan, masih terdapat banyak lagi wahana lagi yang bisa dinikmati, seperti Aquaponic, Taman Bio Gas, World Pheasant, Rumah Hidroponik, Simulasi PLTMH, Kolam Ikan Koi, Simulasi Pembangkit Listrik, Skema Pompa Gravitasi Air, Rumah Serangga Batu, Walking Bird, Silase, Foto 3D Art, Excavator, Budgerglar, Angry Bird, Merpati Dunia, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas Eco Green Park


Eco Green Park menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk pengunjung, seperti food court, minimarket, mushola, area merokok dan akses yang ramah untuk kursi roda. Tersedia fasilitas toilet yang memadai.

Selain itu, ada juga pasar hewan yang dapat dikunjungi jika ingin membeli hewan peliharaan. 

Fasilitas tambahan lainnya yang tersedia di Eco Green Park meliputi mobil atau kereta shuttle dan penyewaan E-bike. E-bike dapat disewa dengan biaya Rp 150.000 untuk durasi penggunaan selama 3 jam. 

WAHANA BARU ECO GREEN PARK 2023


Di akhir tahun 2022, Eco Green Park menampilkan wahana baru yang dikemas dalam konsep Eco interaktif park.  

Lokasi wahana baru tersebut berada di zona terakhir di Eco Green Park, berdekatan dengan Food Court Eco Green Park.

Tambahan wahana baru tersebut ada yang gratis, ada yang berbayar. Berikut wahana-wahana tersebut :

Crown Crane Coaster 

Wahana Crown Crane Couster (Idntimes.com)


Ini merupakan wahana favorit wisatawan yang datang dengan anggota keluarganya. Wahana Crown Crane Coaster ibarat coaster manual yang menuntut kerjasama antara 2 orang, dimana salah satu diantaranya naik di coaster, sementara yang lain harus mengayuh sepeda agar coaster tersebut bergerak naik dan turun.

Jumping Kaktus

Wahana Jumping Kaktus (Idntimes.com)


Ayunan Ganda

Wahana ayunan ganda (Idntimes.com)


Wahana yang bertujuan membangun kerjasama tim yang bisa dimainkan oleh 10 orang anak.

Jumping Turaco

Wahana jumping turaco (Seru.co.id)

Jumping turaco merupakan wahana pemainan untuk anak-anak yang mirip trampolin yang bisa digunakan untuk melompat-lompat diatas bantalan elastis yang bisa memantul.

Bedanya kalau trampolin menggunakan pegas sementara Jumping Turaco menggunakan kompresor.

Happy Conure Wheel

Wahana Happy Conure Wheel (via Seru.co.id)

Seperti namanya, wahana baru Eco Green Park ini berupa permainan kincir angin untuk anak-anak menyerupai sangkar burung yang bisa bergerak naik turun.

Jungle Bugs Attack Adventure

Wahana Jungle Bugs Attack Adventure di eco green park
Wahana Jungle Bugs Attack Adventure (via Idntimes.com)

Sebuah wahana yang mengajak anak-anak berpetualang dengan perahu bulat mengelilingi mengelilingi hutan.

Dome 3D Ride 


Dome 3D Ride merupakan film 3 dimensi yang konsepnya tentang legenda Hanoman. Wahana ini berbayar, yaitu sebesar Rp 15 ribu per orang.

About Life

Tepat di sebelah Dome 3D Ride ada About Life. Seperti namanya, di sini kamu akan dibawa berpetualang singkat melewati 7 zaman, meliputi zaman es, zaman purba, zaman batu, zaman dinosaurus, zaman peperangan, zaman perdamaian dan zaman keindahan.

Wahana About Life juga berbayar, yaitu Rp 15 ribu /orang.

Harga Tiket Eco Green Park

Untuk berwisata ke tempat wisata Eco Green Park ini, kamu bisa membeli tiket terusan dari Jatim Park 2 atau tiket tunggal yang hanya seputar Eco Green Park ini.

Harga tiket masuk Eco Green Park Rp 55 ribu/orang untuk hari biasa dan Rp 75 ribu/orang saat hari libur. 

Sedangkan untuk paket terusan Jatim Park 2 dan Eco Green Park dibandrol seharga Rp 160 ribu per orang.

Jam Operasional Eco Green Park

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Eco Green Park penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar bisa memaksimalkan waktu berekreasi bersama keluarga. 

Wisata Eco Green Park Batu buka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga 16.30 WIB. Jadi ada sekitar waktu selama 8 jam untuk menikmati semua wahan dan seluruh permainan yang ada didalamnya.

Lokasi Eco Green Park


berada di Jalan Oro-Oro Ombo No 9A, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Lokasinya masih berada di area yang sama dengan Jatim Park 2.

Berikut peta lokasi Wisata Eco Green Park-Batu, untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut dengan mudah.

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top