Info Wisata Solo Safari : Wahana, Fasilitas Dan Tiket Masuk

info solo safari
Denah lokasi Solo Safari (Instagram @solosafari.id)


Wisata Solo Safari
- Kebun binatang Solo Safari, yang sebelumnya dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug di Solo, Jawa Tengah, kini menjadi salah satu destinasi wisata baru di kota tersebut. 

Tempat rekreasi ini mengkombinasikan konsep wisata alam dan edukasi dengan luas 37,9 hektare dan memiliki koleksi keseluruhan berjumlah 400 ekor yang terdiri 87 spesies dengan 97 satwa dilindungi.

Pembukaan Solo Safari Zoo dilakukan pada 27 Januari 2023 setelah revitalisasi tahap pertama selesai.

Solo Safari Zoo, yang baru saja melakukan soft opening dari tahap I pembangunannya, sudah dikatakan memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap meski baru mencapai 70% pembangunannya. 

Berdasarkan slogan ‘Konservasi, Edukasi, dan Rekreasi’, Solo Safari Zoo diharapkan menjadi tempat wisata favorit di Solo. Ini karena Solo Safari bukanlah seperti kebun binatang pada umumnya, melainkan lembaga konservasi dengan tujuan antara lain melakukan breeding untuk memperbanyak jumlah satwa.

Proyek peremajaan ini merupakan revisi dari Jurug Solo Zoo yang sudah beroperasi selama lebih dari 4 dekade dan dibangun dengan konsep baru dan modern sesuai standar Taman Safari Indonesia. 

Revitalisasi ini direncanakan akan berlangsung dalam 2 tahap, dengan tahap pertama sudah rampung dan tahap kedua akan dimulai pada tahun 2023. 

Setelah revitalisasi tahap pertama, Solo Safari Zoo akan dibuka kembali untuk wisatawan, meskipun jumlah pengunjung akan dibatasi hanya 2000 orang per hari. 

Dalam pembukaan ini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis binatang seperti Komodo, Tapir, Orang Utan, Zebra, dan Gajah Sumatera. Namun, pembangunan masih terus berlanjut dan koleksi binatang masih ditambah.

Koleksi Solo Safari

Salah satu wahana Solo Safari (Instagram @soloevent)


Koleksi satwa yang dimiliki Solo Safari sebagai wahana edukasi cukup lengkap, termasuk kelelawar, harimau sumatra, macan tutul, dan lain-lain. 

Solo Safari juga dilengkapi koleksi satwa-satwa dari endemik Asia dan Afrika. Satwa otentik Asia seperti rusa timor, niglai, tapir, hingga blackbuck. 

Sedangkan untuk jenis satwa afrika di Solo Safari meliputi zebra, sitatunga, watusi, dan lainnya.

Komodo di Solo Safari (Instagram @relief_tjakra)


Selain itu juga terdapat binturong, anoa, musang bulan, walabi, beruang madu, siamang, owa Jawa, pelikan, owa Agilis, singa, hingga oter menghiasi kebun binatang Solo Safari.

Seperti konsep taman safari, satwa-satwa tersebut tidak ditempatkan dalam kandang tertutup, melainkan didesain dalam kandang-kandang terbuka yang sesuai dengan habitat aslinya. Sehingga wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan satwa-satwa, termasuk memberi makan.

Salah satu koleksi satwa Solo Safari (Instagram @jimboeng_photography)


Setiap kandang juga dilengkapi dengan papan informasi yang mencantumkan nama satwa, nama latin, asal daerah, dan informasi penting lainnya.

Taman binatang ini juga memiliki koleksi flora seperti pinus, munggur, cemara, akasia, dll, membuat taman ini semakin asri. 

Nilai lebih dari Solo Safari Zoo adalah berdekatan dengan danau dan sungai Bengawan Solo. 

Fasilitas Solo Safari


Berdasarkan informasi dari situs resmi @solosafari.id di Instagram, Solo Safari Zoo memiliki berbagai fasilitas lengkap yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 

Taman memiliki area jelajah yang luas dengan banyak tempat duduk untuk wisatawan beristirahat. 

Ada juga area bermain untuk anak-anak, seperti kereta kelinci, bumper car, merry go around, komidi putar, istana balon, dan masih banyak lagi.

Solo Safari Zoo juga memiliki taman pelangi dengan suguhan air mancur menari. Wisatawan juga dapat melihat dancing fountain di tengah danau yang memiliki lebar 18 meter dan mampu menembakkan air hingga setinggi 30 meter. 

Dalam pertunjukan air mancur ini, ditempatkan juga water screen dengan video menceritakan kisah anak-anak.

Selain itu juga terdapat Makunde Restoran yang merupakan restoran terbuka dan berdekatan dengan kandang singa.

Kemudian, fasilitas lain yakni foodcourt, toko suvenir, panggung terbuka dan sebagainya.

Juga tak ketinggalan tentunya fasilitas umum seperti masjid, toilet, serta tempat parkir yang luas.

Kebun binatang Solo Safari juga dilengkapi Monumen Gesang dan rumah kaca untuk mengawetkan hewan mati.

Tiket Masuk Solo Safari

loket tiket solo safari
Antri tiket masuk Solo Safari (Instagram @da_collectionmanik2)


Pengelola Solo Safari membedakan tiket masuk bagi pengunjung sesuai dengan hari dan kelompok usia selengkapnya sebagai berikut :

Weekday /hari biasa

-  Rp 45.000 untuk orang dewasa dan Rp 30.000 untuk anak-anak usia 3-6 tahun 

Weekend / Hari Libur Nasional

-  Rp 60.000 bagi orang dewasa dan Rp 45.000 bagi anak-anak berumur 3-6 tahun 

Sedangkan bagi pengunjung yang membawa bayi maksimal berusia 24 bulan dibebaskan dari tiket masuk alias gratis.

Jam Buka Solo Safari 


Bagi pengunjung perlu mengetahui jam operasional Solo Safari. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 16.30 WIB.

Ketentuan jam buka ini tentu dimungkinkan berubah seriring dengan penambahan wahana dan fasilitas Solo Safari, termasuk tidak tertutup kemungkinan beroperasi hingga malam hari.

Rute dan Lokasi Solo Safari Zoo


Taman Satwa Taru Jurug atau Solo Safari Zoo terletak di Jalan Ir. Sutami No. 109 Kel. Kentingan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. 

Lokasinya hanya berjarak sekitar 4,5 kilometer atau 10 menit perjalanan dari Kantor Wali Kota Surakarta, melewati Jalan Jenderal Urip Sumoharjo dan Jalan Ir. Juanda.

Untuk memberi kemudahan pengunjung, khususnya dari luar kota, Solo Safari sudah terintegrasi dengan layanan transportasi angkutan umum Batik Solo Trans.

Rute Batik Solo Trans ke Solo Safari (Instagram @dishubsurakarta)

Sedangkan bagi pengunjung yang berasal dari luar kota Solo yang menggunakan kendaraan pribadi, berikut peta lokasi Wisata Solo Safari Zoo untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut dengan cepat. 

Kamu bisa melalui jalan tol dan keluar di exit tol Karanganyar, lalu melanjutkan perjalanan melalui jembatan Jurug. Lokasi Solo Safari berada diantara Sungai Bengawan Solo dan kampus UNS.

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top