Menjelajahi Keindahan Alam dan Fasilitas Seru di Wisata Nawang Jagad Kaliurang

Wisata alam Nawang Jagad Kaliurang
Wisata alam Nawang Jagad Kaliurang (via Google maps)


Nawang Jagad merupakan wisata alam yang terletak di Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, adalah destinasi wisata terbaru. Tempat ini merupakan area perkemahan yang memanjakan dengan suasana alam yang asri, terutama di sekitar Gunung Merapi Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang memukau yang melingkupi area perkemahan tersebut.

Nama "Nawang Jagad" berasal dari Bahasa Jawa, di mana "Nawang" berarti memandang, dan "Jagad" berarti semesta. Dikelola oleh Pokmas Kaliurang Barat, sebuah kelompok masyarakat setempat, pengelolaan tempat ini mengusung konsep pemberdayaan masyarakat, terutama generasi muda.

Nawang Jagad memiliki daya tarik tersendiri karena pengunjung dapat berkemah sambil menikmati kehijauan rumput dan tanaman di lereng Gunung Merapi. Area camping yang luas ini menawarkan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Spot perkemahan dengan konsep adventure camp ini terletak di antara Bukit Turgo di sebelah barat dan Bukit Plawangan di sebelah timur, dengan area camping yang luas meski diapit dua bukit.

Pepohonan rindang yang menjulang di sisi kanan dan kiri menciptakan suasana yang sejuk dan teduh. Sebagai hasilnya, tempat ini tidak hanya cocok bagi mereka yang ingin menghabiskan malam di kaki Gunung Merapi, tetapi juga untuk mereka yang hanya ingin bersantai, piknik, atau sekadar berpose dengan latar belakang panorama yang instagenik.

Pesona Gunung Merapi dilihat dari Nawang Jagad (Instagram @enovasing)

Selain keindahan alamnya, Wisata Nawang Jagad Kaliurang juga mempersembahkan nuansa budaya Yogyakarta yang kental. Pengunjung dapat merasakan pengalaman berbeda dengan mengeksplorasi kebudayaan Jawa yang autentik. Tidak jarang, acara budaya seperti pertunjukan tari, musik gamelan, dan kuliner khas daerah diadakan untuk menambah pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Bagi penggemar petualangan, Wisata Nawang Jagad Kaliurang menawarkan berbagai kegiatan seru, termasuk menyusuri jalur hiking Gunung Merapi yang menantang. Para pendaki dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dari ketinggian dan merasakan sensasi mendaki gunung yang legendaris ini.

 

Fasilitas Nawang Jagad


Nawang Jagad sudah dilengkapi fasilitas yang memadai untuk para pengunjung (via Google maps)


Fasilitas di Nawang Jagad memberikan kenyamanan tambahan bagi para pengunjung di tengah suasana alam yang asri di kaki Gunung Merapi. Meskipun lingkungannya masih sangat alami, pengelola telah menyediakan sejumlah fasilitas untuk memastikan liburanmu tetap nyaman.

Beberapa fasilitas penunjang lengkap yang dapat dinikmati oleh pengunjung meliputi toilet dan air bersih, area parkir yang luas, musala, dan meeting area. Untuk memenuhi kebutuhan berkemah, pihak pengelola juga menyediakan layanan sewa tenda dan perlengkapan kemah.

Selain itu, Nawang Jagad menyediakan berbagai fasilitas hiburan yang tidak kalah seru, seperti naik Scooter, ATV, Jeep, dan Trail bagi mereka yang menyukai uji nyali. 

Bagi pengunjung yang lebih suka beraktivitas di siang hari, tersedia juga area piknik untuk bersantai tanpa bermalam. Di area piknik, pengelola menyediakan hammock dan bean bag agar pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi di kejauhan.

Pengunjung dapat memasang hammock di pohon-pohon yang tinggi di sekitar spot camping ini untuk bersantai. Selain itu, Gardu Pandang merupakan spot yang cocok untuk menikmati panorama alam dan dijadikan lokasi foto yang menarik di Nawang Jagad.

Harga Tiket Masuk Nawang Jagad


Berikut adalah harga tiket masuk untuk kawasan piknik dan perkemahan di Nawang Jagad:

Area Piknik

Untuk pengunjung yang hanya ingin menikmati kawasan piknik, dikenakan tarif masuk sebesar Rp15.000/orang. Tarif tersebut sudah termasuk parkir, masuk area, dan voucher yang bisa ditukar dengan minuman di area kafe. 


Area Camping


Camping area di Nawang Jagad Kaliurang
Camping area di Nawang Jagad (Instagram @nawangjagad)


Sedangkan untuk pengunjung yang akan melakukan perkemahan, terdapat pilihan tarif camping yaitu:

-Area Perkemahan 1-3: Dewasa Rp25.000 per orang, anak-anak (maksimal 12 tahun) Rp12.500 per anak
- Area Perkemahan VIP: Dewasa Rp35.000 per orang, anak-anak (maksimal 12 tahun) Rp17.500 per anak, minimal 10 orang dan maksimal 15 orang untuk 1 kelompok

Untuk aktivitas camping, reservasi wajib dilakukan minimal tiga hari sebelumnya.

Jam Operasional Nawang Jagad

Pengunjung dapat menikmati fasilitas Camping Ground dan Picnic Area di Nawang Jagad. Berikut adalah jam buka untuk masing-masing fasilitas tersebut:

Area Piknik
Piknik area buka setiap Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Area Camping
Jam operasional camping adalah Hari Selasa-Minggu, dengan Check-in: 14.00 WIB dan Check-out: 12.00 WIB. Tempat ini libur atau ditutup untuk umum pada hari Senin, sehingga pengunjung disarankan untuk menghindari hari tersebut.

Lokasi Nawang Jagad

Wisata alam Nawang Jagad terletak di Jl. Nawang Jagad, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk mencapai lokasi ini. Destinasi ini dapat diakses dengan mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.


Itulah informasi lengkap mengenai jam operasional, harga tiket masuk, dan lokasi Nawang Jagad yang penting diketahui sebelum berkunjung. Dengan menikmati daya tarik yang ditawarkan oleh wisata Nawang Jagad di Kaliurang, pengunjung akan merasakan pesona istimewa dari kota istimewa, Yogyakarta.



Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top