Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu : Wahana, Tiket Masuk, Dan Lokasi

Info tiket masuk wisata Bukit Sekipan Tawangmangu
Pintu masuk Bukit Sekipan Tawangmangu.

Bagi Anda yang sedang liburan bersama keluarga ke Tawangmangu, jangan lewatkan Bukit Sekipan. Pasalnya Bukit Sekipan merupakan salah satu wisata favorit wisatawan di Tawangmangu yang memiliki berbagai kelebihan.Yang menarik, per Januari 2023 tiket masuk Bukit Sekipan diturunkan, sehingga sangat terjangkau semua kalangan. Berikut informasi lengkapnya.

Wisata Bukit Sekipan mulai dibuka sejak tahun 2013 berupa tempat pemancingan, kemudian berlanjut dengan berdirinya sebuah restoran, dan terus berkembang dari waktu ke waktu, sampai saat ini menjadi sebuah tempat wisata keluarga.

Bisa dikatakan Bukit Sekipan adalah destinasi wisata lengkap dengan aneka wahana permainan, landmark bangunan ikonik dunia maupun spot foto yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga. 

Berikut informasi lengkap seputar wahana, fasilitas, tiket masuk, jam operasional dan rute menuju lokasi Bukit Sekipan, Tawangmangu yang berada di Kabupaten Karanganyar. 
 

Wahana Bukit Sekipan


Hill Castle, Bukit Sekipan
Spot foto Hill Castle, Bukit Sekipan (via Instagram)


Berikut wahana yang terdapat pada wisata Bukit Sekipan di Tawangmangu. Jumlah dan jenisnya kemungkinan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. 

Studio Foto

Saat memasuki Bukit Sekipan, setelah membeli tiket masuk, pengunjung akan menemui sebuah studio foto. Studio foto ini menyewakan aneka kostum dan properti dengan berbagai tema budaya, seperti Jepang, China, Adat Jawa, Korea.

Replika Kapal Titanic

replika kapal titanic di Bukit Sekipan.
Kapal Titanic, ikon wisata Bukit Sekipan (Instagram @rahayukartikakurnia)

Wahana pertama yang bakal ditemui pengunjung Bukit Sekipan adalah sebuah kapal besar tiruan dari kapal Titanic yang terdiri dari 3 lantai. Setiap lantainya memiliki view point yang berbeda. 

Salah satu ruang digunakan sebagai museum mini yang berisi replika 7 Presiden RI termasuk beberapa artis dunia, ada juga ruang pertemuan, menara pandang, dan properti foto di berbagai sudut, dan ada juga kamar yang bisa disewa untuk menginap bagi pengunjung.

Miniatur Landmark Dunia

miniatur keajaiban dunia di Bukit Sekipan
Wahana miniatur keajaiban dunia di Bukit Sekipan (Instagram @john_androz)

Tak jauh dari Kapal Titanic, pengunjung akan memasuki wahana miniatur keajaiban dunia yang menjadi favorit pengunjung. 

Disini terdapat replika berbagai landmark yang menjadi ikon negara-negara di dunia, sebut saja Koloseum dan Menara Pisa di Italia, Menara Eiffel Paris, Taj Mahal di India, Menara Kembar Petronas di Malaysia, kincir angin Belanda. Ibaratnya pengunjung diajak keliling dunia hanya dalam waktu sehari.

Dino Land

Yaitu wahana berisi replika aneka jenis dinosaurus yang bisa bergerak dan bersuara di dalam sebuah taman.


Rumah Terbalik


Yaitu spot foto di dalam rumah dengan penataan yang tidak lazim dimana perabot didalamnya posisinya serba terbalik seakan menempel diatas.

Rumah Kaca Labirin


wahana rumah kaca labirin di Bukit Sekipan
Wahana Rumah Kaca Labirin 

Berada di wahana rumah kaca ini kita seakan tersesat di sebuah tempat yang tak berujung pangkal bak sebuah labirin. Kita harus menemukan jalan keluarnya dengan memilih jalan yang tepat. 

Wahana ini sebaiknya tidak untuk anak kecil sendirian, karena ketika si anak menangis karena tidak tahu jalan keluarnya, orang tua pun akan bingung menemukan posisi si anak.

Kampoeng Halloween

Kampoeng Hallowen Bukit Sekipan
Kalau malam hari berani tidak duduk disampingnya? (via Instagram)


Wahana Kampoeng Halloween di Bukit Sekipan, pengunjung akan menjumpai aneka hantu dengan beraneka pose. Ada yang berdiri, duduk di kursi maupun di lantai. Bayangkan saat malam hari kira-kira punya keberanian tidak sendirian di ruangan tersebut?

Goa Hantu

wahana goa hantu di bukit sekipan tawangmangu
Goa Hantu di Bukit Sekipan (via Instagram @bukitsekipan)


Selain Kampoeng Hallowen, ada lagi wahana uji nyali di Bukit Sekipan, yaitu Goa Hantu. Disini pengunjung ditantang memasuki sebuah lorong goa yang cukup gelap, dan didalamnya akan menjumpai penampakan hantu, ditambah suara-suara menyeramkan. Jangan masuk sendirian ya!

Museum 3D Art


3D art di wisata Bukit Sekipan
Lukisan 3D di Bukit Sekipan (Instagram @kr.elshh)

Kumpulan galeri lukisan 3 dimensi dengan berbagai situasi yang dramatis, menjadi spot foto yang seakan lukisan tersebut hidup.

Kampung Jepang

Di Bukit Sekipan juga terdapat penginapan yang dilengkapi taman bergaya Jepang, selain menjadi spot foto yang menarik, Kampung Jepang juga bisa disewa sebagai tempat bermalam bagi pengunjung.
 
Kampung Jepang Bukit Sekipan
Gapura Kampung Jepang di Bukit Sekipan.

Jembatan Goyang


Wahana jembatan goyang yang terbuat dari kayu dan tali ini cukup menarik untuk dicoba. Saat melewatinya, jembatan ini akan bergoyang, sehingga dibutuhkan keseimbangan.

Kampung Korea

Kampung Korea di Bukit Sekipan (via Instagram @ridha.agustina.w_ @marita.wulan)


Ini merupakan wahana baru di Bukit Sekipan, berupa replika bangunan rumah ala Korea, menjadikan spot foto yang instagenic.

Taman Lampion


Ada juga wahana Taman Lampion atau juga disebut Bukit Sekipan Night, hanya buka Sabtu pukul 18.00-22.00 WIB. Dan ada tarik masuknya tersendiri.

Fasilitas Di Bukit Sekipan


Di Bukit Sekipan, tersedia banyak fasilitas umum yang bisa menunjang aktivitas pengunjung selama berwisata di sana, antara lain: Kamar mandi/toilet, Mushola, Gazebo, penginapan, gedung pertemuan, area outbound, spot foto di berbagai tempat, serta tentu saja lokasi parkir yang cukup memadai.

Tiket Masuk Bukit Sekipan


Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu, tiket masuknya dibedakan dua jenis, yaitu Tiket Reguler dan Tiket Terusan. Anda bisa memilih sesuatu dengan keinginan dan kondisi. 

Jika Anda datang bersama anak-anak maka mengambil Tiket Terusan bisa jadi pilihan terbaik dan lebih hemat. 

Namun jika Anda datang diatas pukul 14.00 WIB atau jam 2 siang, maka waktu untuk menikmati semua wahana menjadi terbatas karena mendekati batas jam bukanya, maka sebaiknya cukup mengambil Tiket Reguler. 

Berikut harga tiket masuk Bukit Sekipan Tawangmangu :

1. Tiket Reguler: Rp50.000
Meliputi wahana: Kampung Halloween, Taman Lampion, 3D Art, Replika Presiden RI, Miniatur Dunia, Waterboom, Mini Zoo, Studio Film 8 Dimensi, Sepeda Air, Gembok Cinta, Goa Hantu, 90 Spot Selfie, Kapal Titanic.

2. Tiket Terusan: Rp100.000
Meliptu wahana : semua wahana tiket biasa, super rally, monorail, kora-kora, kiddy boat, carrossel, kereta mini, bombom car, dan kincir-kincir.

Namun ternyata, harga tiket masuk tersebut berlaku sampai akhir 2022, sedangkan mulai 2023 pengelola wisata Bukit Sekipan justru menurunkan harga tiket masuknya agar lebih terjangkau oleh masyarakat luas.

Jadi mulai Januari 2023 tiket masuk Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu adalah sebesar Rp 30.000/orang.

Dengan tiket 30 ribu tersebut pengunjung bisa menikmati wahana sebagai berikut :

- Taman bunga matahari
- kampung Jepang
- Kampung Konoha/ naruto,
- Taman salju
- Minizoo
- Kolam Renang/waterboom
- Labirin kaca
- Rumah terbalik
- Goa hantu
- Kampung holloween
- Puluhan spot selfi
- Mandi Bola
- Kapal Titanic
- Replika Presiden RI
- Miniatur Dunia
- Dino Land/ Dinosaurus Park
- museum 3d art (40an spot 3D)
- Itaewon Street Korea
 
Sedangkan untuk tiket Terusan, tarifnya juga turun dari 100 ribu menjadi 80 ribu rupiah saja.

Wahana Berbayar Bukit Sekipan

Selain spot gratis yang sudah termasuk tiket masuk, ada juga beberapa wahana permainan yang berbayar secara terpisah. Namun wahana ini bisa gratis jika pengunjung membeli tiket terusan.

wahana Monorail di Bukit Sekipan
Monorail, salah satu wahana berbayar di wisata Bukit Sekipan (Instagram @bukitsekipan)

Berikut wahana tambahan dan biayanya :

Mini Coaster: Rp25.000
Kursi Terbang: Rp15.000
Bom Bom Car: Rp25.000
Super Rally: Rp20.000
Monorail: Rp20.000
Kora-Kora: Rp15.000
Kiddy Boat: Rp10.000
Komidi Putar: Rp10.000
Kereta Mini: Rp10.000


Jam Operasional

Pengunjung wisata Bukit Sekipan tentunya perlu mengetahui jam operasionalnya, agar tidak salah menentukan waktu kedatangan. 

Jam buka wisata Bukit Sekipan dimulai pada pukul 08.00 sampai 17.00 WIB setiap harinya, namun pada akhir pekan dan hari libur, jam bukanya lebih lama hingga pukul 18.00 WIB.

Mengingat wahana di wisata Bukit Sekipan gabungan antara indoor dan outdoor, maka Anda bisa berkunjung kapan saja selama masih dalam jam operasionalnya. 


Penginapan Di Bukit Sekipan


Bukit Sekipan Tawangmangu tidak hanya menawarkan area permainan semata, tetapi juga menyediakan berbagai pilihan akomodasi untuk bermalam. 

Tersedia beragam jenis akomodasi mulai dari hotel hingga vila dengan harga yang sesuai dengan anggaran Anda. Berikut adalah daftar pilihan akomodasi di Bukit Sekipan Tawangmangu:

- Wisma Small Room: Rp 350.000 
- Tipe Connecting Room: Rp 600.000 
- Tipe Pavilliun Room: Rp 600.000 
- Villa: Rp 1.400.000 
- Cottage Jepang: Rp 750.000 
- Titanic Room: Rp 550.000

Lokasi Dan Rute Menuju Bukit Sekipan Tawangmangu

Lokasi tempat wisata Bukit Sekipan terletak di kawasan wisata Tawangmangu. Tepatnya berada di Jl Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Akses untuk menuju ke lokasi objek Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu cukup mudah, dan kondisi jalan yang sangat mulus.

Rute jalan menuju Bukit Sekipan dapat dilalui dari pusat Kota Solo dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam, melalui jalur Solo-Tawangmangu.

Meskipun ada kendaraan umum yang menuju Tawangmangu, namun untuk sampai ke lokasi Bukit Sekipan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Selain lebih praktis juga lebih mudah. 

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum, bisa naik bus jurusan Tawangmangu dari Terminal Tirtonado Solo.

Nantinya berhenti di Terminal Pasar Tawangmangu dan dilanjutkan dengan kendaraan umum atau ojek kearah Bukit Sekipan sejauh 3.3 KM.

Hal yang sama juga berlaku bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi. Dimulai dari Pasar Tawangmangu lalu perjalanan dilanjutkan kearah Sarangan.

Setelah sampai di Kantor Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, terdapat jalan ke arah kanan dengan petunjuk lokasi yang besar dan jelas.

Dari tikungan tersebut lanjutkan perjalanan agak menanjak sejauh 500 meter, maka lokasi Bukit Sekipan sudah tampak di depan mata.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk membantu menemukan lokasi tempat wisata tersebut.

Itulah informasi lengkap mengenai wahana, tiket masuk dan lokasi wisata Bukit Sekipan di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin berkunjung ke sana.

Berikut peta lokasi Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu untuk memudahkan Anda menemukan destinasi tersebut dengan mudah.




Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top