Pagoda Avalokitesvara Semarang: Pesona Wisata Religi di Jantung Jawa Tengah

Pagoda Avalokitesvara via Gmaps



Semarang dikenal memiliki beragam destinasi wisata. Selain wisata alam, sejarah dan kulinernya yang sudah populer, Semarang juga memiliki wisata religi yang menarik, salah satunya Pagoda Avalokitesvara.

Namanya mungkin agak sulit disebut atau diingat, namun Pagoda Avalokitesvara memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan, terutama bagi wisatawan yang melintas dari dan ke Semarang via jalur selatan.  ( isa dilihat dari kejauhan, terutama bila kita melintasi Jalan Perintis Kemerdekaan, jalan raya penghubung kota Semarang dan Yogyakarta.)

Lokasi Pagoda Avalokitesvara berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, di wilayah Semarang selatan. Persis berada tepat di depan Markas Kodam IV/Diponegoro.

Oya, Pagoda adalah sebuah bangunan semacam kuil berbentuk menara yang memiliki desain atap bertumpuk-tumpuk. 

Pagoda Avalokitesvara ini berada satu lokasi dengan kawasan komplek Vihara Buddhagaya Watugong, yang merupakan tempat peribadatan umat Budha. Karena itu banyak juga orang awam yang menyebutnya sebagai pagoda Watugong.

Nama Watugong sendiri berasal dari sebuah batu yang berbentuk gong di kawasan pagoda yang kini menjadi Monumen Watugong.

Di dalam Komplek Vihara Buddhagaya Watugong terdapat beberapa spot menarik untuk dilihat oleh pengunjung, yaitu :

Spot Menarik di Pagoda Avalokitesvara Semarang


1. Pagoda Avalokitesvara 




Memiliki arsitektur yang artistik dan indah, menjadikan Pagoda Avalokitesvara ikon vihara Buddhagaya Watugong dan menjadi spot foto wajib pengunjung. 

Pagoda ini memiliki tinggi 45 M dan memiliki 7 lantai serta berbentuk segi delapan.  

Pagoda Avalokitesvara diresmikan pada 14 Juli 2005 oleh Gubernur Jawa Tengah, Mardiyanto dan dinobatkan sebagai salah satu pagoda tertinggi dan teranggun oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) di Indonesia pada 2006.

Di dalam bangunan/ memasuki pagoda, kita akan melihat patung Dewi Kwan Im setinggi 5 M terletak di lantai 2 sampai 6, menghadap ke 4 penjuru mata angin. 

Sedangkan pada puncak pagoda terdapat patung Amitaba, yakni guru besar para dewa dan manusia.

Pagoda Avalokitesvara juga digunakan untuk melakukan Tjiam Shi, yaitu ritual untuk mengetahui atau meramal nasib seseorang menggunakan media bilah bambu yang sudah diberi tanda.


2. Vihara Dhammasala

ViharaDhammasala
Vihara Dhammasala


Selain pagoda Avalokitesvara ada Dhammasala yang menjadi bangunan utama komplek ibadah ini. 

Dhammasala adalah vihara yang memiliki 2 lantai. Lantai pertama berfungsi sebagai aula serbaguna yang memiliki panggung di bagian depan. 

Sedangkan di lantai kedua digunakan untuk kegiatan ibadah umat Budha. 

Di dalam vihara ini terdapat patung Budha duduk berwarna emas setinggi 5 M. Sementara sekeliling Vihara Dhammasala dikelilingi pagar dengan ukiran relief Paticca Samuppada, yang menceritakan proses kehidupan manusia dari lahir hingga meninggal dunia.

3. Pohon Bodhi

Pohon Bodhi di Vihara Watu Gong via Rynari.wordpress.com



Terletak di depan Pagoda Avalokitesvara, pohon Bodhi tersebut ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955.

Pohon Bodhi melambangkan pohon keabadian dan di ranting-rantingnya terdapat banyak kertas merah berisi doa dan harapan orang-orang yang menuliskannya.


4. Patung Budha Tidu

Patung Budha tidur di watu gong
Patung Budha tidur di dalam kawasan Pagoda Avalokitesvara


Di bagian belakang pagoda Avalokitesvara terdapat patung Budha berukuran cukup besar.

Patung sepanjang 16 M tersebut berwarna coklat dengan pakaian dan tubuh berwarna keemasan. 


5. Watu Gong

Watu Gong di depan gerbang masuk Pagoda Avalokitesvara
Watu Gong di depan gerbang masuk Pagoda Avalokitesvara


Saat memasuki area Vihara Buddhagaya pengunjung akan melihat Watu Gong. 

Watu gong adalah sebuah batu besar yang wujudnya mirip gong, konon merupakan peninggalan sejarah di masa kerajaan Majapahit.

Jam Buka Dan Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara


Pengunjung bisa datang ke Pagoda Avalokitesvara setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Pengunjung yang datang tidak dikenakan tiket masuk, namun hanya dikenakan biaya parkir seikhlasnya.

Tempat ini memiliki area parkir yang cukup luas serta sarana toilet yang cukup bersih dan terawat.

Itulah ulasan singkat tentang tempat wisata religi Pagoda Avalokitesvara yang merupakan wisata religi di Semarang yang lokasinya berada di jalan raya Semarang-Salatiga serta mudah dijangkau.

Meskipun dikenal sebagai tempat ibadah umat Budha, Pagoda Avalokitesvara sudah menjadi salah satu destinasi wisata religi yang terbuka untuk semua kalangan.

Jadi siapa pun boleh memasukinya, asalkan tetap mematuhi ketentuan yang berlaku, bersikap dan berpakaian sopan serta menghargai umat yang sedang beribadah.
 
Berikut peta lokasi Wisata Pagoda Avalokitesvara Semarang untuk memudahkan/membantu kamu menemukan/mencapai destinasi tersebut/ tempatnya dengan mudah.

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top