The Heritage Palace Solo, Tempat Wisata Edukasi Dan Sejarah Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

wisata the heritage palace solo

The Heritage Palace - Surakarta, atau yang lebih dikenal dengan Solo, memiliki banyak potensi pariwisata lokal yang patut dikunjungi. 

Dengan slogan "The Spirit of Java", Kota Liwet ini memiliki banyak tempat wisata sejarah yang menarik untuk diabadikan di Instagram. Salah satu destinasi yang menarik dikunjungi adalah The Heritage Palace

Sesuai namanya, The Heritage Palace, berada di obyek wisata ini seakan mengajak Anda untuk menelusuri warisan bangunan bersejarah di masa lampau. 

Wisata The Heritage Palace mulai dibuka untuk umum pada 9 Juni 2018 lalu. Namun, obyek wisata ini telah didatangi wisatawan dari berbagai kota di Indonesia.

Awalnya, tempat ini adalah pabrik gula Gembongan yang berdiri pada 1899 silam di masa kolonial Belanda. Namun pada 1920 bangunan pabrik gula tersebut diubah menjadi bangunan megah bergaya Belanda.

Berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektar, wisata The Heritage Palace mulai dibuka untuk umum pada 9 Juni 2018 lalu. Namun, obyek wisata ini telah didatangi wisatawan dari berbagai kota di Indonesia.

Di dalam The Heritage Palace terdapat 9 gedung megah bergaya khas Eropa klasik. Namun baru lima gedung yang difungsikan sebagai destinasi wisata. 

Dan The Heritage Palace ini telah diakui sebagai Bangunan Cagar Budaya yang dilindungi. Karena nilai-nilai sejarah dan peran penting adanya bangunan tersebut. 

Sampai sekarang bangunan ini masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Bahkan, sebagian besar pondasinya masih asli.


The Heritage Palace ini sangat cocok menjadi destinasi untuk liburan keluarga, karena tempat ini menggabungkan berbagai aspek seperti sejarah, budaya hingga hiburan. 

Selain itu setiap sudutnya bisa dijadikan spot foto yang memorable bersama keluarga.

Hal ini sesuai dengan konsep yang diusung pihak pengelola, menjadikan The Heritage Palace sebagai wahana wisata keluarga tentang pengenalan gedung tua peninggalan kolonial dan fotografi.

Secara umum, destinasi The Heritage Palace terbagi menjadi dua area wisata yakni indoor dan outdoor. 

Pada area indoor pengunjung bisa menikmati fasilitas spot foto tiga dimensi, Museum Transportasi yang berisi mobil antik, dan Omah Kwalik yaitu spot foto unik bertema terbalik.

Sementara di area outdoor, pengunjung bisa berfoto di taman dengan latar belakang gedung megah bergaya  Eropa klasik. 

Spot Menarik The Heritage Palace



Bagi Anda yang berencana berkunjung, berikut beberapa spot yang menjadi daya tarik The Heritage Palace di Solo :

1. Bangunan Klasik Berarsitektur Eropa


Bangunan The Heritage Palace didominasi warga hitam, abu-abu dan emas dengan arsitektur klasik Eropa bergaya retro yang khas. 

Berada ditempat ini kamu akan seakan dibawa pada nuansa kehidupan di masa lalu yang mungkin tidak terdapat di destinasi lain.

2. Museum Transportasi outdoor
 
Selain kemegahan fasad bangunannya, The Heritage Palace juga menawarkan spot-spot foto yang estetis, salah satunya adalah dengan berpose di sekumpulan mobil tua yang terpajang rapi di halaman luar bangunan.

Disini kamu dapat mengabadikan momen langka dengan mobil-mobil, motor klasik dan bermacam alat transportasi tua yang pernah populer pada masanya.

3. Museum 3D Art

Di dalam Museum Lukisan 3D ada beberapa karya yang menarik perhatian, yaitu lukisan 3D bertema kan masa lampau jika berfoto di depan lukisan tersebut kita seakan akan ada di dalam lukisan tersebut.

4. Wahana Omah Kwalik

Omah Kwalik merupakan spot foto yang menyajikan hasil jepretan kamera seolah-olah para pengunjung berada di rumah yang terbalik. 


5. Kids Town

Merupakan wahana bermain untuk anak-anak dengan aneka jenis permainan yang membuat si bocah menjadi senang.

6. Food Court

Lelah berkeliling di The Heritage Palace, kamu bisa beristirahat sambil menikmati aneka makanan khas kota Solo di area food court.

Disini juga tersedia berbagai macam oleh-oleh khas kota solo yang bisa kita beli dan bawa pulang setelah berkunjung dari wisata di The Heritage Palace.

Jam buka The Heritage Palace 


Wisata The Heritage Palace buka setiap hari, mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.30 WIB untuk penjualan tiket. 

Namun, untuk pengunjung yang sudah berada di dalam The Heritage Palace diperbolehkan berkeliling area hingga pukul 19.00 WIB. 

Tiket Masuk The Heritage Palace


Tiket masuk The Heritage Palace terbagi dua macam. Pertama, tiket outdoor seharga 3 puluh ribu per orang.

Tiket ini hanya bisa untuk akses di area outdoor saja, meliputi view taman dan gedung cagar budaya. 

Kedua, tiket terusan seharga Rp 55.000 per orang pada weekday dan Rp 65.000 per orang saat weekend dan hari libur. Tiket terusan ini berlaku untuk semua wahana indoor dan outdoor.

Lokasi The Heritage Palace

Lokasi The Heritage Palace berada di Jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. 

Meskipun masuk kabupaten Sukoharjo, namun demikian letaknya berada di dalam kota Solo. 
 
Berikut peta lokasi Wisata The Heritage Palace, untuk memudahkan kamu mencapai destinasi tersebut dengan mudah.


Itulah informasi singkat tentang wisata edukasi The Heritage Palace Solo yang merupakan tujuan berlibur untuk seluruh anggota keluarga. 

Artikel Wisata Indonesia Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top